Berita  

Kejam! Israel Hancurkan Pipa Pemasok Air Bersih Palestina

Tepi Barat, KabarBerita.id — Tentara Israel dilpaorkan telah menghancurkan pipa yang memasok air bersih untuk desa Ras Al-Ahmar, di Lembah Yordan utara, pada Rabu pagi 25 Juli 2018. Demikian seperti dikutip dari Middle East Monitor, Jumat (27/7/2018).

Menurut keterangan seorang pejabat lokal, Mutaz Bisharat, empat buldoser Israel menyerbu dusun kecil tersebut bersama dengan tujuh jip militer, mereka mulai menghancurkan pipa air.

Bisharat menambahkan, keempat buldoser juga menciptakan sebuah jalan dengan penghancuran lahan itu selama lima jam. Pipa yang dihancurkan, kata Bisharat, digunakan oleh petani setempat untuk menampung air minum dan mengairi tanah mereka.

Pasukan Israel menghancurkan pipa air dan membuat jalan sepanjang 2,5 kilometer yang menghubungkan jalan utama desa Ras Al-Ahmar ke daerah Msheibek, yang diklaim Israel sebagai zona militer tertutup.

Penduduk mengatakan kepada Ma’an News Agency bahwa ketika pasukan Israel menghancurkan lahan mereka, warga Palestina dilarang masuk atau keluar dari daerah itu.

Khirbet Ras al-Ahmar adalah salah satu dari sekitar 180 desa kecil Palestina yang berada di Tubas Governorate, Tepi Barat (West Bank). Desa ini terletak di Area C Tepi Barat, dan Israel telah menetapkannya sebagai zona militer tertutup untuk pelatihan senjata. Demikian menurut LSM hak asasi manusia Israel, B’Tselem.

Desa ini sering diserbu oleh pasukan Israel, yang memegang berbagai operasi militer di daerah itu, memaksa penduduk desa meninggalkan rumah mereka selama beberapa jam atau bahkan berhari-hari.

Hampir 20 persen wilayah Tepi Barat yang diduduki dinyatakan sebagai “zona tembak” sejak tahun 1970-an, tetapi menurut PBB, hampir 80 persen dari wilayah-wilayah itu sebenarnya tidak digunakan untuk pelatihan militer.

Kelompok-kelompok HAM telah menuduh Israel sengaja mengklaim beberapa bagian Tepi Barat sebagai zona penembakan dengan maksud pencaplokan.

 

Tinggalkan Balasan