Kecamatan Danau Kerinci Barat Meraih Prestasi di PKK

Kerinci, KabarBerita.id — Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 pada tahun 2024, Tim Penggerak PKK Kecamatan Danau Kerinci Barat mengikuti Jambore PKK yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Kerinci pada Rabu (31/7/2024).

 

Tema HKG PKK ke-52 tahun ini adalah “Meningkatkan Kapasitas SDM PKK untuk Mewujudkan Keluarga Berkualitas Menuju Kerinci Sejahtera dan Bebas Stunting 2024”. HKG menjadi ajang untuk merayakan kontribusi PKK sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan melalui pemberdayaan keluarga.

 

PKK bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat mulai dari unit terkecil, yaitu keluarga. Gerakan ini berfungsi sebagai motor penggerak perubahan menuju kehidupan yang lebih baik dan selaras dengan tujuan pembangunan nasional.

 

Sebagai pelopor perubahan, PKK diharapkan menjadi garda terdepan dalam menciptakan keluarga berkualitas di bidang moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan. Program-program PKK harus bersinergi dengan prioritas program dan kegiatan pemerintah nasional maupun daerah.

 

Di Jambore PKK Tingkat Kabupaten Kerinci, Kecamatan Danau Kerinci Barat, yang merupakan salah satu kecamatan termuda dengan ibukota Serumpun Pauh dan 14 desa, turut berpartisipasi dengan penuh antusiasme. Meskipun termasuk kecamatan baru, Danau Kerinci Barat telah meraih berbagai prestasi, baik di bidang umum maupun keagamaan.

 

Kecamatan Danau Kerinci Barat, di bawah pimpinan Camat Noverman Nurdin, telah dua kali berturut-turut meraih juara kedua dalam MTQ tingkat Kabupaten Kerinci. Dalam parade budaya Jambore PKK kali ini, kecamatan ini mengusung tema keagamaan dari Pokja 1 untuk mendukung program PKK Provinsi Jambi, khususnya dalam metode cepat membaca Al-Quran.

 

Selain itu, Kader PKK Kecamatan Danau Kerinci Barat aktif mengikuti berbagai lomba dengan menampilkan empat program dari Pokja PKK, termasuk Pokja 1 untuk aspek keagamaan. Mereka juga berupaya membangkitkan kembali tradisi budaya sikei rabana yang hampir terlupakan.

 

“Pada parade budaya kali ini, kami menampilkan sikei rabana untuk melestarikan tradisi budaya ini dan berharap dapat meraih juara,” ungkap Camat Noverman Nurdin. Kader PKK Kecamatan Danau Kerinci Barat sangat bersemangat dalam mengikuti semua lomba dengan harapan meraih hasil yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan