Kebiasaan Ini Sebabkan Tubuh Membakar Lebih Banyak Lemak saat Tidur

  • Bagikan
Ilustrasi tidur nyenyak(

Jakarta, KabarBerita.id — Tidur memainkan peranan penting dalam proses penurunan berat badan. Bahkan lebih banyak lemak dapat dipangkas apabila mau menerapkan beberapa cara yang dijamin ampuh.

Jadwal tidur berantakan tidak hanya membuat lemas seharian tetapi juga berimbas pada kenaikan berat badan.

Seperti dikutip dari Men’s Health, studi menemukan kurang tidur dalam satu malam saja bisa memperlambat metabolisme dan mengurangi energi Anda hingga 20 persen.

Setelah jadwal tidur sudah diperbaiki, aplikasikan cara-cara berikut agar semakin banyak lemak yang terbakar selama tidur.

1. Latihan beban

Setelah bekerja sempatkan diri untuk latihan beban. Studi yang diterbitkan di Diabetologia menyebut, latihan beban bisa mendorong metabolisme.

Latihan ini bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan dumbell atau sesederhana botol air satu liter diisi air.

2. Mandi gunakan air dingin

Untuk satu dua alasan, orang lebih memilih mandi air hangat saat mengakhiri hari. Namun demi membakar lemak lebih banyak selama tidur, ganti air hangat dengan air dingin.

Penelitian di jurnal PLoS ONE menemukan bahwa pembekuan 30 detik akan mengaktifkan lemak cokelat (brown fat) tubuh, lalu dilelehkan saat tidur yang setara dengan 400 kalori.

3. Cukupi kebutuhan cairan

Cara ini sering diserukan ketika bicara soal kesehatan fisik dan mental. Tubuh sebagian besar terdiri dari air, sehingga Anda tidak punya alasan untuk tidak minum hari ini.

Saat kebutuhan cairan terpenuhi, Anda bisa menurunkan berat badan lebih cepat. Sebanyak delapan gelas air sudah cukup membantu meningkatkan metabolisme.

4. Tidur di ruangan yang lebih sejuk

Mulai sekarang, atur suhu AC kamar jadi lebih dingin agar lebih banyak lemak yang terbakar.

Riset dari National Institutes of Health menemukan, mengatur suhu kamar jadi 66 derajat Fahrenheit (18,8 derajat Celcius) memangkas kalori 7 persen lebih banyak.

5. Tak main HP sebelum tidur

Saat sudah berbaring di kasur terkadang orang masih lengket dengan gawai. Entah cari hiburan atau berkirim pesan.

Jika ingin membakar lebih banyak lemak, sebaiknya jauhkan diri dari gawai jelang jam tidur.

Paparan cahaya biru di malam hari bisa menurunkan produksi melatonin yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal ini juga akan mengganggu pembakaran lemak dan mengakibatkan berat badan bertambah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan