Kebakaran 45 Kapal di Cilacap, Kerugian Ditaksir Rp130 Miliar

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi menyatakan kerugian akibat kebakaran 45 kapal di Dermaga Batere dan Dermaga Wijayapura, Cilacap, hampir mencapai Rp130 miliar.

Hal ini karena ada 44 kapal (nelayan) dan satu kapal tugboat (kapal tunda) yang terbakar.

Terkait dengan penyebab kebakaran, Luthfi mengatakan bahwa dugaan sementara sumber api berasal dari kegiatan salah seorang anak buah kapal di atas kapalnya.

Jenderal bintang dua tersebut telah memerintahkan Laboratorium Forensik Polda Jateng berangkat ke Cilacap untuk menyelidiki sumber api yang menyebabkan kebakaran puluhan kapal. Kebakaran terjadi di empat titik.

Kebakaran pertama kali terjadi pada salah satu kapal yang sedang bersandar di Dermaga Batere pada hari Selasa (3/5) pukul 17.10 WIB yang diawali dengan ledakan dari kapal tersebut.

Tidak lama kemudian kobaran api merambat ke kapal-kapal lain yang sedang bersandar di Dermaga Batere. Bahkan kebakaran meluas hingga Dermaga Wijayapura tempat penyeberangan khusus menuju lembaga pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan.

Akibat kejadian tersebut, seorang ABK mengalami luka bakar hingga 25 persen khususnya di wajah, leher, lengan bawah sebelah kanan dan kiri, serta punggung tungkai kanan dan kiri. Korban harus menjalani perawatan di RSUD Cilacap.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan