Berita  

KBRI Minta WNI Waspada Penipuan Kerja di Inggris

London, KabarBerita.id — Kedutaan Besar RI di London mengimbau warga Indonesia mewaspadai berbagai upaya penipuan dengan modus antara lain penawaran kerja di UK, pengurusan visa UK menggunakan jalur nonresmi, dan pemberian warisan atau hadiah.

Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI London Minister Counsellor Gulfan Afero kepada Antara di London, Kamis menyampaikan hal tersebut sehubungan banyaknya laporan dari WNI kepada KBRI London terkait tindak penipuan (fraud/scam) yang dialami WNI yang bermukim di Indonesia dan pelaku mengaku sebagai warga negara UK.

Menurut dia, modus yang dilakukan dalam penipuan itu antara lain penawaran kerja di Inggris dengan membayar sejumlah uang. Selain itu modus dengan menawarkan pengurusan visa UK melalui jalur nonresmi bukan via VFD global.

Dikatakannya banyak juga yang memberikan warisan atau hadiah dari pihak yang tidak dikenal ataupun teman yang dikenal melalui media sosial seperti Facebook.

Untuk itu, KBRI London mengimbau kepada masyarakat Indonesia agar berhati-hati terhadap tawaran seperti yang disampaikan berupa penawaran kerja, pengurusan visa dan pemberian warisan atau hadiah.

“Jika terdapat tawaran atau ajakan kerja sama terhadap suatu yang nampak tidak rasional, perlu dilakukan klarifikasi,” ujarnya.

Ia menambahkan disarankan bagi masyarakat di Indonesia atau di Inggris untuk melakukan klarifikasi kepada KBRI London via surat elektronik dengan alamat [email protected] sebelum melakukan tindakan seperti mengirimkan uang atau memberikan informasi apapun kepada pihak-pihak yang belum dikenal, demikian Gulfan Afero.

Tinggalkan Balasan