Kartu Prakerja, Cara Mendaftar dan Fasilitas yang Didapat

KabarBerita.id — Program baru dari pemerintah, yang merupakan program andalan dari Presiden Jokowi yaitu penyelenggaraan kartu prakerja.

Program ini merupakan hasil yang di realisasikan dari janji Jokowi saat kampanye pemilihan presiden tahun 2019 lalu. Maksud membuat program ini untuk meningkatkan kualitas skill dan memberikan beberapa modal untuk memulai usaha.

Lalu siapa saja yang berhak mendapatkannya? yang berhak mendapatkannya adalah para pelaku pencari kerja dengan lulusan SMA, Sarjana, ataupun anda yang baru di PHK dan dalam kondisi menganggur.

Jika anda merasa dalam kondisi tersebut sebaiknya anda segera mendaftarkan diri dalam program ini. Berikut cara mendaftar dan Keuntungan mengikuti program kartu prakerja :

Pendaftaran Kartu Prakerja

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam program ini adalah mendaftarkan diri.

Pendaftaran sendiri sudah dibuka sejak tanggal 11 April 2020 sampai dengan minggu ke 4 bulan November tahun 2020. Untuk pendaftaraannya bisa anda akses di website resmi prakerja.go.id.

  1. Buka website resmi tersebut, kemudian plih pendaftaran
  2. Usia minimal 18 tahun
  3. Sedang dalam kondisi tidak bekerja
  4. Tidak mengikuti kegiatan pendidikan formal seperti kuliah
  5. Memiliki email aktif
  6. Memiliki no. rekening atau aplikasi transaksi uang digital
  7. Ikuti prosedur pendaftaran
  8. Menjawab tes online yang diberikan
  9. Lakukan verifikasi email

Setelah melakukan prosedur pendaftaran diatas anda tinggal menunggu jadwal gelombang yang akan anda ikuti, untuk gelombanng pertama sudah dimulai sejak tanggal 16 April lalu.

Fasilitas Program Kartu Prakerja

Setelah anda mendapat gelombang pelatihan, anda akan mendapat beberapa fasilitas berupa uang sebesar Rp. 3.5 juta.

Uang tersebut terdiri dari Rp. 600.000 untuk mengikuti pelatihan digital selama 4 bulan, kemudian uang saku sebesar Rp. 1 juta untuk uang saku setelah pelatihan, dan Rp. 150.000 untuk uang survei selama kondisi kebekerjaan.

Uang yang didapat tersebut akan digunakan untuk beberapa program yaitu :

•Program Skill untuk Fresh Graduate
Diharapkan para lulusan baru mampu mengasah kemampuan mereka agar lebih siap untuk menghadapi dunia kerja dan bersaing dengan para pencari kerja lainnya.
•Program Upgrade Skill untuk Pekerja Pengalaman
Dalam program ini, diharapkan pemilik kartu dapat meningkatkan kemampuanya untuk beradaptasi dengan kondisi pasar saat ini.
•Program untuk korban PHK
Dengan Kartu Prakerja, korban PHK dapat melakukan reskilling dimana mereka akan dipersiapkan untuk mendapatkan pekerjaan kembali. Mereka juga bisa alih profesi dan mempelajari profesi terbaru mereka dengan program ini.

Beberapa program yang bisa anda dapatkan diantaranya :

  1. Bisnis Online
  2. Ahli bidang komputer
  3. Fotografer
  4. Menjadi pelatih kebugaran
  5. Ahli tentang kecantikan
  6. Memasak
  7. Dll

Anda bisa mendapatkan pengetahuan tersebut dari beberapa media kursus online yang sudah bekerja sama dengan pemerintah, yaitu :

  1. Skill Academy by Ruang Guru
  2. Mau Belajar Apa
  3. Haruka Edu
  4. Pijar Mahir
  5. Sisnaker
  6. Tokopedia
  7. Bukalapak
  8. Dll

Untuk mengakses media online tersebut anda dapat membayar biaya dengan mentransfer uang saku yang sudah anda terima di akun prakerja, pembayaran bisa melalui OVO, Link Aja dan Bank BNI.

Dengan mengikuti program kartu prakerja ini, diharapkan masyarakat mampu bersaing didunia kerja ataupun mampu meningkatkan ilmu berbisnis untuk mengembangkan UMKM di Indonesia.

Jadi bagi anda yang ingin atau sudah terdaftar sebagai pemilik kartu prakerja jangan hanya tergiyur dengan uang saku dan intensif yang diberikan saja.

Tapi maksimalkan program pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan anda, sehingga anda siap bersaing didunia kerja. Atau anda siap dalam memulai bisnis anda sendiri. Selamat mencoba dan semoga sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here