Kapolri Tempatkan Brigjen Brimob di IKN Khusus untuk Kawal Pembangunan

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menempatkan satu perwira tinggi (Pati) Polri dengan pangkat Brigadir Jenderal sebagai Komandan Pasukan (Danpas) Brimob dua di Kalimantan dekat wilayah Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Listia mengatakan penempatan posisi baru ini dilakukan untuk menjamin keamanan proses pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Termasuk menjamin keamanan proses pembangunan ibukota negara yang merupakan wujud Indonesia-sentris dan resolusi pemerataan penduduk serta perekonomian nasional.

Listyo mengatakan Korps Brimob memiliki peran penting dalam mengamankan berbagai proyek strategis nasional dan pengembangan industri di Indonesia termasuk pemindahan ibukota negara.

Akan tetapi ia belum membeberkan siapa perwira tinggi Polri berpangkat Brigjen yang akan ditempatkan di dekat IKN.

ia hanya menjelaskan bahwa Polri khususnya Brimob perlu dikuatkan struktur organisasinya karena memiliki peran penting dalam mengamankan berbagai proyek strategis nasional dan perkembangan industri di Indonesia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo diketahui baru saja mengembangkan struktur organisasi Brimob. Brimob nantinya akan dipimpin oleh seorang patih berpangkat komisaris jendral. Selain itu akan ada lima perwira tinggi lainnya yang mendapat kenaikan pangkat.

Mereka ialah Wadankorbrimob dari Irjen menjadi Komjen. Kemudian akan dibentuk struktur baru yakni Biro Perencanaan Administrasi dan Operasional (Rorenmin Ops) yang akan dipimpin oleh perwira tinggi (Pati) dengan pangkat Brigjen.

Pasukan Brimob akan tersebar di tiga wilayah penugasan baru. Mereka akan dipimpin oleh Komandan Pasukan (Danpas) Brimob 1 di wilayah Aceh, kemudian Danpas Brimob 2 di Kalimantan, dekat Ibu Kota Negara (IKN) baru dan Danpas 3 di Papua.

Usulan penguatan Korps Brimob telah dicanangkan sejak tahun lalu. Kapolri menganggap nantinya Korps Bhayangkara akan menghadapi sejumlah tantangan dalam pengamanan ke depannya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan