Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Sikat Gigi?

Jakarta, KabarBerita.id — Berapa sering sebaiknya Anda mengganti sikat gigi? Apakah setiap bulan, setiap tiga bulan, atau setiap enam bulan?

 

Sikat gigi adalah alat penting dalam rutinitas kebersihan mulut banyak orang. Di Korea Selatan, misalnya, ada kebiasaan untuk menyikat gigi setelah setiap kali makan, baik sarapan, makan siang, atau makan malam. Orang Korea bahkan sering menyikat gigi di berbagai tempat dan waktu.

 

Sementara di Indonesia, umumnya orang menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Namun, kapan sebenarnya sikat gigi perlu diganti?

 

Menurut Real Simple, untuk menjaga kesehatan mulut, sikat gigi harus diganti secara rutin, biasanya setiap tiga hingga empat bulan. Melebihi waktu tersebut, bakteri bisa menumpuk di sikat gigi. Selain itu, sikat gigi juga perlu diganti jika menunjukkan tanda-tanda kerusakan pada bulunya.

 

Sangat penting untuk memperhatikan kondisi sikat gigi daripada hanya bergantung pada waktu penggunaan. Menurut Verywell Health, jika Anda menyikat gigi dengan tekanan yang kuat, sikat gigi mungkin perlu diganti lebih cepat dibandingkan jika digunakan dengan lembut.

 

Berikut beberapa indikator kapan saatnya mengganti sikat gigi:

 

1. **Bulu Sikat yang Menyebar**

Jika bulu sikat yang semula teratur mulai menyebar dan tidak rapi, itu tanda bahwa sikat gigi perlu diganti.

 

2. **Bentuk Bulu yang Tidak Normal**

Jika bulu sikat melengkung secara permanen dan tidak kembali ke bentuk semula, segeralah mengganti sikat gigi Anda.

 

3. **Kekokohan Bulu**

Jika bulu sikat yang tadinya keras menjadi lembut, ini menunjukkan bahwa sikat gigi sudah tidak efektif lagi dalam membersihkan gigi dan perlu diganti.

 

Selain melihat bentuk dan kekuatan bulu sikat, jenis sikat gigi juga menentukan frekuensi penggantiannya:

 

– **Sikat Gigi Manual**

Sikat gigi manual sebaiknya diganti setiap tiga hingga empat bulan, asalkan bulu sikatnya tidak mengalami kerusakan.

 

– **Sikat Gigi Elektrik**

Sikat gigi elektrik yang bergetar atau berputar dengan cepat mungkin mengalami keausan lebih cepat. Kepala sikat gigi elektrik umumnya harus diganti setiap tiga hingga empat bulan. Namun, jika sudah menunjukkan tanda-tanda keausan meskipun baru digunakan selama dua minggu, segera lakukan penggantian.

 

Dengan memperhatikan tanda-tanda ini dan jenis sikat gigi yang digunakan, Anda dapat menjaga kebersihan mulut dengan lebih efektif.

Tinggalkan Balasan