Kangkung dapat Bantu Kontrol Kadar Gula Darah

Jakarta, KabarBerita.id — studi terbaru telah menemukan vitamin K yang biasanya ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti kangkung bisa membantu mengatur kadar gula dalam darah. Menambah asupan vitamin K dapat menjadi salah satu cara mengatasi Diabetes.

Kesimpulan ini ditemukan dalam sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Cell Reports.
Para peneliti dari Universite de Montreal, Kanada tak hanya menemukan hubungan antara vitamin K dengan diabetes, tapi juga kemampuannya untuk mengontrol kadar gula darah.

Dikutip Medic Daily, Ketua tim peneliti, Mathieu Ferron diabetes diketahui disebabkan oleh berkurangnya jumlah sel peta atau ketidakmampuan untuk memproduksi insulin yang cukup.

Para peneliti mengidentifikasi protein gamma-carboxylated baru yang disebut ERGP. Protein tersebut ditemukan memainkan peran penting dalam mempertahankan tingkat fisiologis kalsium dalam sel beta untuk mencegah gangguan sekresi insulin.

Sebelumnya sejumlah penelitian memang telah menunjukkan adanya hubungan antara berkurangnya asupan vitamin K dengan peningkatan risiko diabetes.

Vitamin K adalah nutrisi larut dalam lemak yang penting untuk pembekuan darah, kesehatan tulang, dan jantung. Nutrisi ini mencegah penumpukan kalsium dalam arteri, sehingga mengurangi risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan ginjal.

Meski jarang terjadi, namun kekurangan vitamin K dapat menyebabkan masalah pembekuan darah, melemahkan tulang, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sumber makanan yang kaya akan vitamin K di antaranya sayuran seperti kangkung, bayam, kubis, dan brokoli.

Selain itu, vitamin K juga bisa ditemukan dalam sumber protein hewani seperti hati sapi, daging giling, daging ayam, dan daging asap.

Tinggalkan Balasan