Berita  

Kang Emil Berikan Pemahaman Mengenai Antisipasi Angin Puting Beliung

Bandung, Kabarberita.id – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengunjungi warga terdampak angin puting beliung di Perumahan Rancaekek Permai II Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Senin. Dalam kunjungan tersebut Gubernur Emil (sapaan Ridwan Kamil) dan istri Atalia Kamil menemui warga yang rumahnya rusak akibat angin puting beliung di Masjid Al Ikhlas dan memberikan pemahaman kepada warga tentang antisipasi jika terjadi bencana puting beliung.

“Ibu-ibu, bapak-bapak, jadi ciri-ciri akan terjadi angin puting beliung, diawali dengan cuaca cerah kemudian langsung gelap, kita harus siaga satu,” kata dia.

Ciri-ciri lainnya jika di sebuah wilayah akan terjadi angin puting beliung, katra Gubernur Emil, udara di sekitar akan terasa panas lalu dingin.

“Jadi ciri yang kedua itu akan hareudang (panas), kemudian terasa dingin. Itu rumusnya yang harus kita perhatikan ya ibu-ibu bapak-bapak, mohon jadi perhatian,” kata dia.

Ia mengatakan jika dua ciri tersebut dirasakan warga di tempat tinggalnya maka warga diminta agar waspada dan berlari atau berlindung di tempat yang lebih kuat dan aman.

“Ciri-ciri itu salah satu contoh hidup harus dengan ilmu,” kata Gubernur Emil.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Emil juga menyerahkan bantuan berupa makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian untuk warga yang mengungsi akibat angin puting beliung.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung, Achmad Djohara, mengatakan hingga saat ini ada 784 rumah warga di Perumahan Rancaekek Permai II, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung yang rusak akibat diterjang puting beliung.

“Warga yang rumahnya rusak karena puting beliung ada yang mengungsi di sejumlah titik, salah satunya di masjid ini dan hingga kita kami masih data dan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu warga pasca kejadian ini,” kata Achmad.

Tinggalkan Balasan