Kandaskan Kamboja, Timnas Lolos ke Semifinal

  • Bagikan

Kuala Lumpur, KabarBerita.id — Tim nasional U-22 Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal sepak bola putra SEA Games k-29 2017 di Malaysia setelah pada pertandingan terakhirnya di Grup B, Kamis, berhasil menaklukkan Kamboja dengan skor 2-0.

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia dengan 11 poin berada di posisi kedua klasemen Grup B sementara di laga lainnya, digelar di waktu yang sama, Thailand mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0. Thailand pun menjadi juara Grup B dengan 13 poin dan Vietnam, yang sebelumnya memimpin klasemen, harus tersingkir dari SEA Games 2017.

Dipantau dari laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesias (PSSI), Jakarta, Kamis, dua gol Indonesia pada laga yang digelar di Stadion Shah Alam, ditorehkan oleh Ezra Walian di menit ke-55 dan Febri Hariyadi di menit ke-69.

Timnas U-22 Indonesia yang mengandalkan sisi sayap tampil mendominasi laga sejak menit pertama. Peluang pertama Indonesia datang di menit keempat, ketika Osvaldo Haay mendapat peluang melalui sundulan yang masih melebar.

Kesempatan terbuka didapatkan tim Garuda Muda melalui Saddil Ramdani di menit ke-26. Akan tetapi tendangan kaki kanan Saddil masih melebar dari gawang Kamboja.

Tekanan demi tekanan terus diberikan Indonesia sampai akhirnya di menit-menit terakhir babak pertama punggawa Kamboja Choum Pisa dikartu merah dan diusir keluar lapangan.

Tidak ada tambahan gol 45 menit pertama dan skor tetap 0-0 mengawali dimulainya jeda laga.

Di babak kedua, pelatih Indonesia Luis Milla melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Febri Hariyadi menggantikan Osvaldo Haay. Melihat timnya kesulitan mencetak gol ke gawang Kamboja yang bermain dengan 10 orang, Milla memutuskan untuk memasukkan penyerang Ezra Walian menggantikan bek Ricky Fajrin.

Hasilnya positif karena Indonesia berhasil membuat gol pertama di menit ke-55 hasil tendangan kaki kiri Ezra Walian. Gol itu berawal dari umpan silang Febri Hariyadi dari sisi serang kiri Indonesia. Bola kemudian menjadi liar di kotak penalti Kamboja, tetapi berhasil dikendalikan Ezra yang berhasil mencetak gol dengan kaki kiri. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Febri Hariyadi, yang dominan kaki kiri, kembali menjadi pusat perhatian setelah di menit ke-69 dia mencetak gol dari tendangan jarak jauh dengan kaki kanannya. Skor pun berubah 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Indonesia sebenarnya sempat mendapatkan peluang emas untuk memperbesar keunggulan di menit ke-72 setelah penjaga gawang Kamboja meninggalkan posisinya. Namun penyerang Marinus Wanewar gagal memanfaatkan peluang tersebut karena tendangannya melenceng dari gawang kosong.

Tidak ada gol tambahan sampai pertandingan berakhir dan skor 2-0 bertahan sampai akhir laga.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *