Berita  

Kalahkan Jepang, Arab Saudi Lolos ke Piala Dunia 2018

JEDDAH, Kabarberita.id – Arab Saudi menjadi tim Asia keempat yang dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Kemenangan tipis 1-0 yang diraih Green Falcons atas Jepang mengantarkan mereka ke Rusia.  Menjamu Jepang di King Abdullah Sports City, Jeddah, Selasa (5/9/2017), Arab Saudi menang berkat gol semata wayang pemain pengganti Fahad Al Muwallad pada menit ke-63.

Pada pertandingan melawan Jepang, Arab Saudi langsung tancap gas sejak kickoff demi memburu kemenangan. Mereka tampil mendominasi di hadapan publiknya sendiri.

Arab Saudi punya kans pada menit-menit awal lewat Yahia Al Shehri, tapi gagal dimaksimalkan. Gawang tim tuan rumah kemudian terancam oleh tembakan voli Hotaru Yamaguchi, tapi kiper Abdullah Al-Mayouf masih bisa mengantisipasinya.

Arab Saudi memasukkan Al Muwallad pada awal babak kedua. Keputusan ini terbukti tepat karena Al Muwallad sukses merobek gawang Jepang pada menit ke-63. Usai menerima operan dari Nawaf Al Abid, Al Muwallad melepaskan tembakan jarak dekat yang tak bisa dihentikan oleh kiper Jepang, Eiji Kawashima. Gol ini tak bisa dibalas Jepang hingga laga usai.

Arab Saudi menyusul Iran (juara Grup A), Jepang (juara Grup B), dan Korea Selatan (runner-up Grup A) yang lebih dulu lolos. Sementara itu, Australia harus puas menempati posisi ketiga di klasemen Grup B dengan 19 poin. Australia akan menjalani play-off melawan tim peringkat ketiga Grup A, Suriah. 

Pemenang dari playoff tersebut selanjutnya akan berhadapan dengan tim peringkat keempat di kualifikasi zona CONCACAF untuk memperebutkan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2018.

Tinggalkan Balasan