Viral  

Kahiyang Akan Di Mandikan Jokowi Dalam Prosesi Adat Jawa gaya Surakarta

Jokowi dan puteri nya Kahiyang Ayu
Jokowi dan puteri nya Kahiyang Ayu

Kabarberita.id  -Pernikahan Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution akan melaksanakan serangkaian proses dalam tata cara pernikahan dengan adat Jawa gaya Surakarta, pagi ini calon kedua mempelai akan menjalani prosesi siraman atau dimandikan oleh keluarganya.

Jokowi beserta istri dan sejumlah tokoh perempuan akan memandikan Kahiyang, sedangkan Bobby akan dimandikan oleh keluarganya dan undangan khusus, termasuk Wiranto. Siraman atau memandikan calon mempelai adalah simbolisasi untuk membersihkan diri lahir batin kedua calon mempelai sebelum puncak acara panggih (dipertemukan) pada Rabu besok. Bagi Kahiyang, siraman dilakukan di kediaman orangtuanya di Jalan Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Selasa (7//11/2017) pagi.

Setelah Jokowi memasang bleketepe dan tuwuhan, Kahiyang akan menghadap kedua orangtuanya untuk meminta doa restu. Selanjutnya kedua orangtuanya akan memulai acara siraman dengan air khusus yang diambil dari tujuh mata air terpilih. Lantunan doa akan terus mengumandang sepanjang acara yang dikemas dalam bentuk rerepen yaitu lantunan gendhing tradisional yang mengalun lamat-lamat, berisi untaian doa untuk keselamatan calon mempelai.

Pada acara ini, bukan hanya Jokowi dan istri yang akan mengguyurkan air ke sekujur tubuh Kahiyang yang telah mengenakan pakaian khusus selama siraman. Sejumlah sesepuh keluarga dan tamu yang diundang khusus juga akan ikut menyiramkan air ke tubuh Kahiyang sebagai simbol memberikan doa.

Dalam rantaman (susunan acara berikut para peraganya) yang didapatkan oleh detikcom, sejumlah tamu khusus diminta keluarga Jokowi untuk ikut serta dalam siraman untuk Kahiyang. Diantaranya adalah Endang Rudyatmo (istri dari wali kota Surakarta), Ny Didit Supriyadi (besan Jokowi/ibunda dari Selvi Gibran), Danarsih Doellah (istri Santosa Doelah/pengusaha batik ‘Danar Hadi’) dan lain-lain.

Diwaktu yang sama nantinya siraman untuk Bobby dilakukan di Hotel Alila, tempat dia dan keluarganya menginap selama di Solo. Adapun peraga siraman untuk Bobby adalah keluarganya dari Medan, diantaranya Erwan Nasution (paman Bobby), selaku wakil dari (alm) Erwin Nasution. Selain dari pihak keluarga, tokoh khusus yang diundang untuk ikut memberikan siraman untuk Bobby adalah Wiranto, Osman Sapta, Edi Rahmayadi, Todung Mulya Lubis dan lain-lainnya.

Sebagai bagian dari rangkaian siraman ini adalah menanam potongan rambut kedua calon mempelai yang telah dipersatukan. Potongan rambut itu akan ditanam di pekarangan kediaman orangtua calon mempelai perempuan.

Akhir dari siraman bagi Kahiyang adalah acara bopongan, yaitu Jokowi akan membopong putri tunggal kesayangannya menuju kamar hias. Kahiyang selanjutnya akan didandani dengan busana khusus dan akan berdiam di rumah untuk menjalani malam pasihan atau midodareni hingga puncak acara panggih pada Rabu siang.

 

Sumber Artikel ( DETIKNEWS )

Tinggalkan Balasan