Berita  

Kabar Gembira, Angka Kematian Corona di Italia di Level Terendah

Paramedics wheel a woman out of an ambulance outside the Burgos Hospital in Burgos in northern Spain on April 2, 2020. - The coronavirus death toll in Spain surged past 10,000 after a record 950 deaths in 24 hours, with the number of confirmed cases passing the 110,000 mark, the government said. (Photo by CESAR MANSO / AFP)

Roma, KabarBerita.id — Pejabat Italia mengatakan akan ada kemungkinan pelonggaran aturan karantina. Ini disampaikan setelah melihat data jumlah korban meninggal harian akibat pandemi corona mereka turun ke level terendah, sejak lebih dari dua pekan ini.

Dilaporkan oleh layanan perlindungan sipil, ada 525 kematian pada Ahad (5/4). Jumlah ini terendah di negara Mediterania itu.

Laporan kasus terendah lainnya dicatat pada 19 Maret 2020 lalu, yakni 427 kematian. Kemudian pada Sabtu (4/4) lalu, juga termasuk turun hingga 23 persen yakni 681 kematian.

“Kurva mulai menurun dan jumlah kematian sudah mulai berkurang. Jika data ini dikonfirmasi (dalam beberapa hari mendatang), kita harus mulai berpikir tentang Fase 2,” kata Direktur Lembaga Kesehatan Nasional ISS Italia, Silvio Brusaferro.

Fase kedua pertempuran Italia melawan virus yang kini secara resmi dilaporkan telah memakan 15.887 korban meninggal, mungkin bagi pemerintah dirasa akan lebih sulit. Perdana Menteri Giuseppe Conte harus memutuskan untuk mengatasi krisis terbesar Italia sepanjang beberapa generasi ini, dengan mengorbankan ekonomi demi kesehatan masyarakat.

Negara berpenduduk 60 juta itu menjadi negara pertama yang secara sukarela menutup hampir semua bisnis dan melarang pertemuan publik (termasuk jalan-jalan sederhana di taman) pada 12 Maret 2020 lalu. Namun, taruhan besar itu tampaknya terbayar. Pejabat melaporkan pada Ahad (5/4), terjadi penurunan pertama jumlah pasien covid-19 yang tidak kritis, yang menerima perawatan di 22 rumah sakit wilayah negara itu.

Angkanya turun dari 29.010 pada Sabtu menjadi 28.949 pada Ahad. Jumlah pasien dalam kondisi kritis turun dari 3.994 pada Sabtu menjadi 3.977 pada Ahad.

Tinggalkan Balasan