Berita  

Jokowi Sebut Jembatan Terpanjang RI Siap Beroperasi Akhir November 2019

KabarBerita.id – Jembatan terpanjang RI yang sekaligus menjadi jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated, disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi), siap beroperasi akhir November 2019. Sementara uji beban, akan dimulai hari ini, Senin (23/9).

Hal itu disampaikan Jokowi, melalui akun Instagram resminya, @jokowi, Ahad (22/9).

Ia menyebut, Tol Japek arah Jakarta-Bandung pun sebaliknya, belakangan ini memang sedikit tersendat, karena pembangunan Japek II, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan kereta ringan LRT Jabodetabek.

“Ya, harap dimaklumi. Di jalur itu, lalu-lintas jalan tol terganggu oleh pekerjaan besar yang sedang kita laksanakan,” tuturnya.

Japek II, sambung Jokowi, merupakan jalan tol sekaligus jembatan terpanjang di Indonesia, yang terbentang sepanjang 36,4 kilometer.

“Seluruhnya berupa konstruksi layang yang ditunjang 9.000 tiang pancang, tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek, dari Cikunir hingga Karawang Barat,” jelas Jokowi.

Tol yang akan diuji beban pada hari ini, diharapkan Jokowi, bisa mengurangi kemacetan panjang di Tol Japek.

“Nah, jika tak ada aral melintang, Japek II ini akan operasi pada akhir November 2019, dan bisa dilewati kendaraan para pemudik Natal dan tahun baru 2020,” ujar Jokowi.

“Saat ini, pekerjaan Japek II sudah mencapai 96,5 persen. Uji beban (hari ini) menggunakan 16 truk, dengan beban masing-masing 40 ton, digelar di atas Japek II,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan