Berita  

Jokowi ke Pengusaha: Jangan ‘Wait’ and ‘See’

Jakarta, KabarBerita.id — Presiden Joko Widodo mengatakan pengusaha dan investor semestinya tidak perlu lagi “wait and see” atau bersikap menunggu dalam berekspansi dan berinvestasi, karena momentum perbaikan pertumbuhan ekonomi dalam negeri terus berjalan.

“Wartawan sering tanya ke saya, ‘Pak Pengusaha masih ‘wait and see’. Loh saya jawab apalagi sih yang di-wait (ditunggu) dan di-see (dilihat). Jangan sampai melewatkan momentum,” kata Presiden di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (31/8).

Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, menekankan saat ini momentum pertumbuhan ekonomi terus menggeliat. Namun, Jokowi mengaku heran, karena isu yang terangkat di masyarakat justeru cenderung yang negatif.”Tapi kita ini senengnya yang kaya ‘Saracen’. Momentum ini jangan dilupakan seharusnya,” ujarnya.

Jokowi menuturkan indikator momentum terus bertumbuhnya ekonomi terlihat dari meningkatnya kepercayaan lembaga-lembaga ekonomi internasional dan juga negara lain.

“Jangan sampai lupa, kita sudah mendapat peringkat layak investasi (investment grade) dari tiga lembaga,” katanya, merujuk pada peringkat utang yang diberikan Fitch Ratings, Moody’s Services, dan Standard and Poors.

Kemudian, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia juga meningkat, terlihat dari survei “OECD-Government at Glance”. Indikator kemudahan investasi dari “Ease of Doing Business” juga membaik, dan ditargetkan bisa terus membaik ke peringkat 40.

“Ini ada momentum, kok masih ada yang pesimis. Apalagi yang dicari,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan