Berita  

JK Minta Ada Kurikulum Khutbah di Masjid Kampus

Jakarta, KabarBerita.id — Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta pembentukan kurikulum khotbah di masjid kampus agar ceramah tersebut dapat terfokus dan memotivasi mahasiswa memperoleh pemahaman agama yang baik.

Jumlah ibadah shalat sebanyak ratusan kali dalam setahun, mulai dari shalat lima waktu hingga Shalat Jumat, menurut JK yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu, sedikitnya ada 100 kali umat Islam beribadah di masjid dan mendengarkan ceramah.

“Ini dapat dilakukan dengan suatu cara, bagaimana masjid itu lebih memberikan motivasi, sehingga bukan hanya tempat beribadah. Dengan cara bagaimana 100 waktu (shalat wajib) itu dibuatkan kurikulumnya, suatu silabus yang baik,” kata Wapres JK, saat menghadiri acara Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI), di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta, Sabtu.

Dalam kurikulum tersebut, lanjut JK, tidak perlu menyeragamkan konten khotbah melainkan bisa menetapkan tema tertentu setiap bulan, sehingga para mahasiswa tidak hanya mengikuti mata kuliah agama di kampus saja, melainkan juga mendapat pemahaman agama dengan baik.

“Jadi bagaimana mengatur kurikulumnya. Jadi bukan hanya kurikulum perkuliahan yang diatur, tapi kurikulum masjid kampus juga diatur sehingga terfokus dan semua masjid kampus itu kalau dikasih semua sama kurikulumnya, maka dimana pun dia pergi akan mendapat suatu ilmu, mendapat pengetahuan yang bertingkat-tingkat,” ujarnya pula.

Tinggalkan Balasan