Jepang Rencakaan Buka Pusat Vaksinasi Besar di Tokyo dan Osaka

Ilustrasi Vaksin Covid-19

Jakarta,KabarBerita.id — Sebagai upaya untuk mempercepat vaksinasi, pemerintah Jepang merencanakan untuk membuka pusat vaksinasi besar dalam beberapa minggu mendatang. Pusat vaksinasi tersebut akan bertempat di Tokyo dan Osaka.

Pada Minggu (25/4),Surat kabar Nikkei menginformasikan bahwa situs vaksinasi di pusat kota Tokyo akan dibuka pada awal Mei,dengan fasilitas vaksin untuk 10ribu orang tiap harinya.

Fasilitas vaksin tersebut diperuntukan bagi orang-orang yang tinggal maupun bekerja di Tokyo. Menurut Nikkei, dalam pelaksanaan vaksinasi nantinya juga akan dibantu oleh staf yang terlatih secara medis dari pasukan bela diri Jepang.

Lambatnya peluncuran vaksinasi covid-19 oleh pemerintahan Jepang menuai banyak kritikan. Menurut perhitungan yang dilakukan Reuters, dari seluruh populasi Jepang hanya sekitar 1% yang baru divaksinasi.

Pada bulan ini, Jepang baru memulai melakukan vaksinasi yang ditujukan pada kelompok lansia di mana populasinya diniali cukup besar. Oleh karena itu,mulainya penyaluran vaksinasi kepada sebagian besar masyarakat umum,menurut para ahli akan memakan waktu hingga musim dingin bahkan bisa lebih lama lagi.

Norihisa Tamura,sebagai Mentri Kesehatan menyapaikan,pelaksanaan vaksinasi bagi mereka yang berusia dibawah 65 tahun baru bisa dimulai jika pemerintah dapat mengamankan cukup vaksin bagi lansia hingga akhir Juli.

Per Hari Minggu (25/4) Keadaan darurat ketiga telah diberlakukan pemerintah Jepang di Tokyo Osaka dan 2 prefektur lainnya.Status ini berdampak pada hampir seperempat populasi. Kini jumlah pasien covid-19 di Jepang tercatat sekitar 550.000 kasus dengan 9.761 kematian.

Tinggalkan Balasan