Jepang Diterjang Topan Nanmadol, 2 Juta Orang Diimbau Evakuasi

Jakarta, KabarBerita.id — Dua Juta orang Jepang diperkirakan akan mengungsi setelah adanya peringatan khusus terkait topan nanmadol.

Dilansir NHK, otoritas setempat telah mengeluarkan instruksi evakuasi tingkat empat kepada warga yang tinggal di wilayah Kagoshima, Kumamoto dan Miyazaki.

Langkah evakuasi ini diambil ketika badan meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tertinggi untuk wilayah Kagoshima. Selain itu peringatan khusus topan merupakan yang pertama untuk wilayah di luar Okinawa sejak pembaruan sistem pada tahun 2013.

Badan meteorologi Jepang memasukkan topan nanmadol ke dalam kategori brutal. Topan tersebut Berhembus hingga 270 km saat berputar sekitar 200 km di utara Timur laut pulau Minami Daito bagian dari pulau terkecil di Okinawa.

Diperkirakan topan Nanamdol mendekati perfektur Kagoshima pada Minggu (18/9) waktu setempat kemudian bergerak ke utara hingga menuju pulau utama Jepang.

Kepala unit prakiraan badan meteorologi Jepang, Ryuta Kurora mendesak warga untuk segera evakuasi sebelum badai datang. Selain itu badai ini juga memprediksi akan menyebabkan rumah roboh, banjir dan tanah longsor.

Perintah evakuasi ini menghimbau warga untuk berpindah ke tempat penampungan atau Akomodasi lain yang bisa menahan cuaca ekstrim. Namun demikian warga tetap harus berhati hati meskipun berada di dalam gedung dengan fondasi kuat.

Diketahui topan Nanmadol telah mempengaruhi pembatalan rute penerbangan regional termasuk Kagoshima, Miyazaki dan Kumamato.

Tinggalkan Balasan