Jelang Lawan Man Utd, Liverpool Jadi Skuad Termahal

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Liverpool dinobatkan sebagai skuad termahal dunia jelang melawan Manchester United pada pekan ke-18 Liga Inggris.
Liverpool akan menjamu Man Utd di Stadion Anfield, Minggu (17/1) malam. Laga itu krusial bagi kedua tim, karena akan berpengaruh dalam perebutan gelar juara Premier League musim ini.

Meski demikian, berdasarkan analisis perusahaan akuntansi global KPMG, Liverpool diklaim sebagai klub juara dengan skuad termahal.

Dikutip dari Express, laporan itu diambil KPMG usai melakukan pemeriksaan terhadap juara dari enam liga top Eropa, baik dari Liga Inggris, Italia, Jerman, Prancis, Spanyol, dan Portugal.

Indikator penilaiannya adalah: posisi pemain, lama kontrak, potensi komersial, usia, kinerja individu, dan ketergantungan tim pada pemain tersebut.

Sejumlah aspek itu menyimpulkan skuad The Reds memiliki nilai jual 1,09 miliar juta euro atau setara dengan Rp18,5 triliun. Mohamed Salah menjadi pemain termahal Liverpool dengan nilai pasar 122,2 juta euro, disusul Sadio Mane dengan 120 juta euro, dan Trent Alexander-Arnold di posisi tiga besar.

Di bawah Liverpool terdapat juara Liga Champions, Bayern Munchen, dengan nilai pasar pemainnya mencapai 943,4 juta euro. Serge Gnabry jadi pemain termahal Munchen usai tampil apik pada musim lalu.

Juara bertahan La Liga, Real Madrid di posisi ketiga dengan nilai pasar 874,2 juta euro.

Gelandang Casemiro menjadi pemain termahal Los Blancos dengan nilai pasar 72,6 juta euro, diikuti Raphael Varane dan kiper Thibaut Courtois.

Runner-up Liga Champions musim lalu yang juga juara Ligue 1, Paris Saint-Germain, di posisi keempat di atas Juventus. Nilai jual Les Parisien di angka 806,6 juta euro, dengan Kylian Mbappe jadi pemain termahal mereka.

Juventus menempati peringkat kelima klub termahal versi KPMG dengan nilai jual mencapai 734,8 juta. Cristiano Ronaldo masih jadi pemain termahal Bianconeri dengan angka 63,2 juta euro, lalu Paulo Dybala, dan Matthijs de Ligt.

Posisi terakhir ditempati juara Liga Portugal, FC Porto, yang memiliki nilai total hanya 214,4 juta euro.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan