Jelang Hari Kemenangan Rusia, Zelensky : Iblis Telah Kembali

Jakarta, KabarBerita.id — Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan Rusia sebagai Iblis yang telah kembali ketika memberikan pidato memperingati kemenangan di Perang Dunia II yang juga merupakan Hari Kemenangan Rusia.

Rusia memperingati Hari Kemenangan atas Nazi Jerman pada 9 Mei.

Dalam pidato itu Zelensky membandingkan invasi Rusia dengan Nazi Jerman. Menurutnya kegelapan kembali menyelimuti Ukraina sejak Perang Dunia II berakhir beberapa dekade silam.

Pemimpin Ukraina itu menuding Rusia menerapkan rekonstruksi berdarah Nazisme di negaranya dengan menggunakan gagasan tindakan, kata, dan simbol Nazi.

Dia mengatakan pasukan Moskow meniru kekejaman Nazi dan memberikan pembenaran atas tindakan kejahatan mereka dengan dalih tujuan suci.

Zelensky pun membandingkan serangan Rusia di pusat perkotaan negaranya dengan serangan di negara-negara Eropa seperti Inggris, Prancis, dan Belanda kala Nazi menyerang.

Menurutnya serangan yang dialami Ukraina tak berbeda dengan yang dialami kota-kota di Eropa saat zaman Nazi.

Sementara itu pada akhir Februari, Moskow mengklaim operasinya di Ukraina sebagai denazifikasi negara itu.

Baik Ukraina maupun Rusia, menyamakan tindakan tentara musuh sebagai tindakan Nazi Jerman.

Dalam sebuah pidato, Vladimir Putin, bersumpah bahwa Rusia akan memenangkan perang di Ukraina sama seperti pada 1945 silam.

Ia berkata demikian untuk memberikan selamat kepada negara-negara bekas Soviet dalam memperingati 77 tahun kekalahan Nazi Jerman.

Tinggalkan Balasan