Jarang Diketahui, Berikut adalah 5 Tanda Penyakit Jantung

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Pada dasarnya penyakit jantung identik dengan nyeri dibagian dada, namun sebenarnya terdapat tanda lainnya yang harus diwaspadai.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Primaya Hospital, Bambang Budiono mengatakan orang yang memiliki penyakit jantung tidak selalu merasakan nyeri dada. Pada kasus tertentu justru nyeri dada tidak terasa walaupun orang tersebut memiliki penyakit jantung yang sudah parah.

Bambang dalam webinar yang membahas edukasi kesehatan jantung dan pembuluh darah oleh Primaya Hospital, Jakarta, Rabu (29/9), menjelaskan gejala seperti penyempitan jantung dan sebagainya itu tidak khas karena bisa saja terjadi hal yang tidak seperti biasanya.

Ciri-ciri yang kadang tidak disadari sebagai tanda kemunculan penyakit jantung dijelaskan Bambang biasanya terjadi pada dua tipe orang yaitu lansia dan orang yang memiliki riwayat penyakit gula darah tinggi.

Selain nyeri dada, berikut 5 tanda penyakit jantung :

1. Mudah lelah dan napas pendek

Sakit dada yang mestinya terasa sebagai tanda awal penyakit jantung tidak terasa pada penderita gula atau diabetes karena penderita tersebut kerap mengalami kerancuan organ perasa.

Tanda munculnya penyakit jantung pada penderita diabetes umunya mereka akan mengeluh mudah lelah dan napas terasa berat walaupun hanya berjalan 30 meter saja.

Hal seperti inilah yang jarang diketahui, sehingga terlambat memeriksakan diri.

2. Kerap lupa

Tidak sedikit mengalami gejala mudah lupa bukan karena demensia tapi karena gejala awal penyakit jantung.

Hal itu terjadi karena penyempitan jantung mempegaruhi irama jantung yang juga mempengaruhi aliran darah ke organ salah satunya suplai darah ke otak. Meskipun hal tersebut berlangsung sesaat dan tidak disadari.

Suplai darah ke otak yang terganggu ini menyebabkan gangguan daya ingat.

3. Plak kekuningan di kelopak mata

Plak kekuningan di kelopak mata merupakan tanda Xanthelasma yaitu penyakit karena kolestrol tinggi. Plak ini adalah gumpalan lemak.

4. Pembuluh darah menonjol di leher

Pembuluh darah yang menonjol di leher merupakan tanda penyakit jantung lainnya. Hal ini terjadi karena jantung bekerja lebih keras dari biasanya sehingga terjadi pembengkakan di leher.

5. Kuku menonjol

Kuku yang menonjol juga bisa menjadi tanda penyakit jantung dimana diikuti dengan perubahan warna menjadi agak kebiruan. Orang dengan penyakit jantung bawaan biasanya akan muncul tanda ini.

Hal-hal diatas merupakan tanda penyakit jantung yang harus diwaspadai. Jika anda atau orang terdekat anda mengalaminya sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan