Jakarta hingga Tangsel Dilanda Banjir Akibat Hujan

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta hingga Tangerang Selatan pada Selasa (4/10) petang membuat beberapa wilayah terendam banjir.

Di Jakarta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mencatat hujan deras mengakibatkan Kali Krukut dan Mampang di wilayah Jakarta Selatan meluap. Akibatnya banjir menggenangi 31 RT.

“31 RT atau hanya 0,102 persen dari 30.470 RT yang ada di di wilayah Jakarta,” kata Kepala BPBD DKI Isnawa Adji dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/10).

Sebanyak 31 RT yang tergenang itu di antaranya satu RT di Kelurahan Pela Mampang, Jakarta Selatan terendam banjir dengan ketinggian 70 cm. Penyebab banjir yakni curah hujan tinggi serta luapan Kali Krukut dan Kali Mampang.

Kemudian satu RT di Kelurahan Bangka, Jakarta Selatan dengan ketinggian 100 cm. Dua RT di Kelurahan Cilandak Timur dengan ketinggian 170 cm. Satu RT di Kelurahan Pejaten Barat dengan ketinggian 100 cm.

Lalu satu RT di Kelurahan Sukabumi Selatan, Jakarta Barat terendam banjir dengan ketinggian 60 cm. Penyebab kebanjiran curah hujan tinggi dan luapan kali Pesanggrahan.

BPBD juga mencatat ada 13 RT di Jakarta Timur yang terendam banjir. Di antaranya, 11 RT di Kelurahan Cipinang Melayu dengan ketinggian 40 cm, yang diakibatkan luapan Kali Sunter. Selanjutnya, satu RT di Kelurahan Kebon Pala dengan ketinggian 40 cm yang disebabkan luapan Kali Ciliwung

Tak hanya itu, BPBD DKI Jakarta mencatat enam ruas jalan di Jakarta sempat tergenang imbas hujan deras. Ruas-ruas jalan itu adalah Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan; Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan; Jalan Tegal Parang, Jakarta Selatan; Jalan Lenteng Agung Raya, Jakarta Selatan; Jalan Taman Mini I, Jakarta Timur; dan Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur.

Salah satu yang paling menjadi sorotan yakni banjir yang menggenangi kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Jalan Kemang Timur 1 dan Jalan Kemang Selatan RT 3/RW 2 terendam banjir. Ketinggian banjir di salah satu kawasan elite Jakarta itu bervariasi mulai dari 30-60 cm.

Tak hanya di Jakarta, kawasan di sekitar Jakarta turut alami banjir. Data yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada sebanyak 1.252 rumah di enam kelurahan di Tangerang Selatan dan sekitarnya yang terkepung banjir.

Wilayah itu meliputi Kelurahan Cipayung, Kelurahan Jombang, Kelurahan Pisangan di Kecamatan Ciputat. Berikutnya Kelurahan Rempoa di Kecamatan Ciputat Timur, Kelurahan Kedaung di Kecamatan Pamulang dan Kelurahan Pondok Kacang Timur di Kecamatan Pondok Aren.

Bahkan Ruas jalan Tol Pondok Aren-Serpong, Tangerang Selatan sempat terendam banjir imbas hujan deras yang terjadi. Imbas banjir, kemacetan terjadi di kedua ruas jalan tol tersebut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *