Jadi WNI, Mark Klok Janji Beri Gelar untuk Timnas

Jakarta, KabarBerita.id — Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok mengatakan siap memberikan gelar untuk Timnas Indonesia usai pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia di Kantor Kanwil Kumham DKI Jakarta, Kamis (12/11).

Klok yang memiliki darah Belanda mengaku sudah lama menunggu momen dirinya menjadi WNI. Bahkan, Klok mengatakan ia siap kapan pun Timnas Indonesia membutuhkan tenaganya.

“Saya sudah lama menunggu momen ini. Akhirnya saya bisa main untuk Timnas Indonesia dan bisa kasih prestasi tertinggi untuk negara ini,” kata Klok usai disumpah.

“Saya sangat siap sekali untuk Timnas Indonesia. Tapi sekarang belum ada agenda. Kalau Timnas main besok, saya siap datang,” tegasnya.

Klok mengaku menjalani proses naturalisasi selama kurang lebih satu setengah tahun terakhir. Tahapannya mulai dari rekomendasi Kemenpora dan berlanjut ke Komisi X DPR-RI, mendapatkan persetujuan dari Komisi III sebelum akhirnya mendapatkan restu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Naturalisasi Klok kemudian tertuang lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11/PWI Tahun 2020 yang dikeluarkan pada Jumat (6/11).

“Saya sangat senang. Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian semuanya untuk saya. Kepada PSSI, Persija, PSM Makassar, DPR RI, semua Menteri dan fan. Hari ini, 12 November akhirnya saya jadi orang Indonesia,” ungkapnya bahagia.

Selanjutnya, Klok akan mengurus proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan paspor. Ia mengaku akan berdomisili di Jakarta Selatan.

Setelah urusan KTP dan paspor selesai, Klok mengaku akan pulang ke Bali untuk menemui istrinya yang saat ini sedang hamil. Ia menyebut ingin menikmati kebahagiaannya bersama sang istri.

“Saya mau kasih apresiasi saya dengan kembali melanjutkan donasi, memberi makan kepada masyarakat di Bali sebagai ungkapan rasa syukur saya. Selama pandemi, dan teman-teman saya di Bali sejak Maret memberikan nasi untuk masyarakat di sana,” ujar Klok.

Klok memulai karier di Indonesia bersama PSM tahun 2017. Pemain kelahiran Amsterdam itu berperan besar atas sukses Tim Juku Eja juara Piala Indonesia 2019.

Setelah dua tahun bermain di PSM, Klok memutuskan pindah ke Persija di Liga 1 2020. Ia baru dua kali bermain bersama tim Macan Kemayoran dan belum mencetak gol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here