Berita  

Jadi Pelatih Monaco, Henry Jadikan Pep dan Wenger Sebagai Inspirasi

MONACO, Kabarberita.id – Eks pemain Timnas Prancis, Thierry Henry secara resmi akan memulai kariernya sebagai pelatih kepala. Henry ditunjuk sebagai pelatih AS Monaco menggantikan Leonardo Jardim.

Untuk menggantikan Jardim, Monaco menunjuk Henry dengan kontrak sampai 2021. Eks pemain Prancis itu sebelumnya pernah memperkuat Monaco pada 1994-1999.”Pertama, saya berterima kasih kepada AS Monaco yang memberi saya kesempatan untuk melatih tim dari klub yang begitu spesial untuk saya,” ujar Henry seperti dikutip situs resmi klub.

Jardim yang menangani Monaco sejak 2014 dipecat pada Kamis (11/10/2018). Pria yang mengantar Monaco juara Ligue 1 pada 2016/2017 itu diberhentikan menyusul hasil buruk yang didapat musim ini.

Monaco melewati start negatif di Ligue 1 2018/2019. Baru menang satu kali dalam sembilan laga, Monaco terbenam di peringkat 18 dengan enam poin.”Saya sangat senang kembali ke Monaco dan bertekad untuk menghadapi tantangan yang ada di depan mata, saya tak sabar bertemu para pemain untuk mulai bekerja bersama,” imbuhnya.

Sebelum jadi pelatih Monaco, Henry merupakan asisten pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez. Ia memegang jabatan tersebut sejak Agustus 2016.

Tugas berat pun sudah menanti Henry yang dituntut untuk membawa Monaco keluar dari papan bawah setelah start buruk musim ini. Dengan minimnya pengalaman melatih, jelas ada keraguan kalau Henry bisa berbuat banyak musim ini.

Tapi, Henry tak gentar dan siap meneriman tantangan tersebut. Modal yang dipunya selama berkarier sebagai pemain bakal digunakan sebaik-baiknya.

Apalagi, Henry sempat ditangani dua pelatih top yakni Wenger di Arsenal dan Guardiola di Barcelona, yang mana banyak mempengaruhi gaya kepelatihannya di Monaco nanti.

Henry mengaku mendapat banyak ilmu dari dua nama yang memberikan banyak gelar di klub-klub yang diperkuat Henry.

“Saya belajar banyak dari manajer yang melatih saya, apakah itu saat mereka menantang saya, atau saat mereka kadang melakukan kesalahan, Arsene membuka cakrawala dalam pikiran saya – apa artinya menjadi pemain profesional, bagaimana kita harus tampil,” ujar Henry seperti dikutip FourFourTwo.

“Anda belajar dari orang lain, tapi Anda juga harus mencampurkan gaya Anda ke dalamnya, buat saya, Pep adalah panutan. Saya belajar kembali bagaimana cara bermain bola ketika dilatih olehnya di Barcelona,”ungkapnya.

“Anda bisa bicara panjang dengan Pep soal sepakbola dan dia tidak akan ngantuk. Anda akan tertidur dan dia masih saja bicara, dia selalu berpikir selangkah lebih maju,” tutup Henry.

Tinggalkan Balasan