Jabar, Jateng, Jatim diminta BNPB Waspada La Nina

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — BMKG memprediksi La Nina akan berdampak pada beberapa daerah di pulau Jawa. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito meminta kepala daerah di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur untuk waspada.

Sebelumnya menurut data BNPB, dari provinsi tersebut pada tahun 2016-2020 memiliki riwayat bencana hidrometeorologi basah terbanyak seperti banjir dan tanah longsor yang disebabkan oleh La Nina.

Ganip dalam Rakornas Antisipasi La Nina yang disiarkan daring, Jumat (29/10), menyebut bahwa berdasarkan peringatan dari BMKG terkait dampak La Nina dan adanya riwayat kejadian bencana sebelumnya Oleh karena itu pemerintah daerah diminta untuk meningkatkan kewaspadaan

Demi menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi akibat fenomena La Nina, Ganip menjelaskan bahwa pihaknya telah mengintruksikan kepada BPBD daerah untuk menyusun kontinjensi.

Sebagai informasi, sebelumnya pihak BMKG memberikan peringatan untuk meningkatkan kewaspadaan bagi Kepala Daerah yang wilayahnya rawan terkena dampak hidrometeorologi basah bahwa akan adanya peningkatan curah hujan 70-100% secara merata di Pulau Jawa dan Bali.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan