Italia Juara Eropa 2020

Jakarta, KabarBerita.id — Gli Azzuri akhirnya keluar sebagai juara EURO 2020 setelah secara dramatis mengakiri perjuangan Inggris lewat dram adu penalti 3-2 (1-1) di markas Inggris Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari.

Inggris langsung menyentak Italia dengan berhasil unggul cepat di menit ke-2. Gol bermula dari umpan silang Trippier yang berhasil dituntaskan dengan first time oleh Luke Shaw.

gol itu membuat Inggris tampil begitu nyaman dan percaya diri dalam permainan sehingga membuat Italia kesulitan mengembangkan permainan.

Italia baru mendapatkan peluang di pertengahan babak pertama melalui pemain andalanya Rederico Chiesa, namun usahanya blm dapat berbuat gol penyeimbang.

Italia mampu tampil lebih baik pada babak kedua, Inggris lebih banyak menunggu diarea pertahanan sembari sesekali melancarkan serangan balik.

Baru berjalan empat menit, Italia memiliki peluang bagus. Insigne melakukan eksekusi setelah dirinya dilanggar Sterling. Namun eksekusinya masih melebar dari gawang Pickford.

Inggris memiliki peluang untuk menggandakan skor, namun upaya sundulan Stones masih dapat dihalau Donnarumma.

Federico Chiesa tampil begktu ngotot pada laga ini, tendangan kerasnya untuk menyamakan kedudukan berhasil ditepis Pickford.

Usaha terus menerus Italia akgirnya berhasil setelah pada menit ke-67 melalui situasi sepak pojok, Veratti menyundul bola yang masih bisa ditepis Pickford, bola muntah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Bonucci untuk menyamakan kedudukan.

Usaha kedua tim untuk menambah gol tidak berhasil hingga waktu normal berakhir dan harus dilanjutkan menuju babak tambahan.

Peluang emas Italia dimenit ke-103 nyaris memjadi gol, umpan silang Emerson ke kotak penalti berhasil dihalau Pickford sebelum bisa di terima pemain Italia

Italia nyaris bermain dengan 10 orang saat Jorginho menekel keras Grealish, beruntung Jorginho hanya mendapatkan kartu kuning.

Pada babak tambahan tidak begitu banyak peluang yang tercilta karrna kedua tim bermain cukup hati-hati sehingga laga harus diputuskan lewat adu penalti.

Penendang Italia Berardi, Bonucci, dan Bernardeschi berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, hanya Belotti dan Jorginho saja yang gagal.

Sedangkan penendang Inggris hanya Harry Kane dan Maguire yang berhasil masuk, sisanya Jadon Sancho, Rashford, dan Saka gagal menjarungkan bola.

Italia berhasil unggul 3-2 dalam adu penalti yang mengantarkan mereka merengkuh trofi EURO 2020.

Susunan Pemain
Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giogio Chiellini, Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne

Inggris (3-4-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Declan Rice, Luke Shaw; Mason Mount, Harry Kane, Raheem Sterling

Tinggalkan Balasan