Berita  

Israel Menarik Diri dari Calon Anggota DK PBB

New York, KabarBerita.id — Israel pada Jumat menarik diri dari persaingan dengan Jerman dan Belgia dalam memperebutkan dua kursi keanggotaan Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020.

Majelis Umum PBB, yang beranggotakan 193 negara, dijadwalkan mengikuti pemungutan suara bulan depan untuk memilih lima anggota baru Dewan Keamanan, yang akan bertugas mulai 1 Januari 2019.

Israel, Jerman dan Belgia harus bersaing untuk mendapatkan dua kursi yang disisihkan bagi Kelompok Eropa Barat dan lainnya.

Dengan penarikan Israel dari pencalonan, Jerman dan Belgia saat ini tidak memiliki saingan tapi, untuk dapat terpilih, mereka tetap harus mendapatkan suara dukungan sebesar dua pertiga suara Majelis Umum.

“Sudah diputuskan bahwa kami akan tetap bergerak bersama sekutu-sekutu kami guna membuka kemungkinan bagi Israel mewujudkan haknya berpartisipasi dan dilibatkan secara penuh dalam proses pengambilan keputusan di PBB,” kata misi Israel untuk PBB dalam pernyataan.

Seorang sumber di PBB yang tidak ingin diungkapkan jati dirinya mengatakan bahwa Israel menarik pencalonan karena peluangnya untuk menang rendah.

Kelompok-kelompok kawasan pada umumnya menyepakati para kandidat untuk maju. Persaingan sengit untuk mendapatkan kursi semakin jarang terjadi.

Tinggalkan Balasan