Berita  

Irwan Prayitno Berharap Perantau Tingkatkan Ekonomi Sumbar

Padang, KabarBerita.id — Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno berharap momen mudik lebaran Idul Fitri ini, perantau asal Sumbar yang pulang kampung bisa membantu meningkatkan perekonomian daerah. Irwan yakin para perantau Sumbar yang jumlahnya jutaan orang dan tersebar di beberapa kota dan daerah penting punya potensi besar untuk membantu membangun kampung halaman.

“Perantau harus bisa membangun kampung halamannya, kami yakin perantau Minang memiliki potensi besar untuk ikut meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” kata Irwan, Rabu (5/6) di Padang

Irwan menyebut pada momen lebaran 2019 ini ada jutaan perantau yang pulang ke kampung halaman di Ranah Minang. Pantauan dari tim Pemprov Sumbar perantau Sumbar tahun ini mayoritas pulang kampung melewati jalur darat. Sehingga ada cukup banyak perantau yang pulang mengendarai mobil pribadi.

Irwan berharap kepulangan para perantau ini berimbas pada ramainya kunjungan wisatawan. Sehingga perekonomian warga kembali membaik.

Irwan menyebut selama ini sudah banyak perantau yang berhasil di negeri orang membantu pembangunan di tanah kelahirannya masing-masing. Irwan pun menyampaikan terima kasih untuk itu. Menurut dia, perantau Minang, pemerintah Provinsi Sumbar dan masyarakat di kampung halaman harus bahu-membahu untuk melancarkan pembangunan dan mensejahteraan perekonomian daerah.

Karena jumlah perantau yang pulang kampung dengan kendaraan pribadi cukup ramai, Irwan meminta semua pihak agar bersabar menghadapi situasi jalan raya, terutama menuju ke tempat-tempat wisata.  “Kita berharap kepada masyarakat Sumbar untuk bisa memberikan kesempatan bagi perantau untuk pulang ke kampung halamannya,” ujar Irwan.

Tinggalkan Balasan