Inovasi JNE dan Tokopedia Tingkatkan Transaksi Non-Tunai

Jakarta, Kabarberita.id – Kini e-commerce menjadi andalan masyarakat Indonesia dalam berbelanja. Kendati demikian, berdasarkan data dari Price Waterhouse Coopers (PWC) pada tahun 2016, kontribusi e-commerce tidak lah terlalu menggembirakan.

“Sekilas terlihat perkembangan e-commerce akhir-akhir ini sangat pesat. Tapi berdasarkan perkembangan data PWC (Price Waterhouse Coopers), riset mereka tahun kemarin Indonesia sebenarnya kontribusi transaksi e-commerce terhadap total ritel di RI baru satu persen. Artinya, di Indonesia satu dari 100 transaksi sudah dilakukan secara online,” ujar CEO Tokopedia, William Tanuwijaya di Kantor Pusat JNE, Jakarta Barat, Senin (16/10/2017).

Angka ini masih kalah jauh dengan kontribusi transaksi e-commerce di negara lain, seperti Amerika dan China. Padahal, belakangan pemerintah terus menggenjot transaksi cashless seperti e-commerce di Indonesia.

Menurut William, salah satu kendala masih rendahnya kontribusi transaksi e-commerce, tak lain karena masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mempunyai akun bank.

“Namun salah satu kendala potensi tersebut adalah jumlah Nasabah bank di Indonesia masih terbatas hanya 36 persen dari penduduk dewasa. Oleh karena itu, Tokopedia bersama mitra selalu berusaha agar lebih banyak masyarakat Indonesia yang belum memilki akun bank juga ikut merasakan kemudahan dan kenyaman berbelanja online,” pungkas William.

Salah satu solusinya adalah dengan bermitra dengan salah satu perusahaan logistik terbesar di Indonesia, JNE. Bentuk kemitraan untuk mendorong transaksi non-tunai sekaligus memudahkan pelanggan adalah dengan menyederhanakan metode pembayaran.

Ya, kini pelanggan bisa berbelanja di Tokopedia dan membayarnya di outlet JNE. Jadi saat berbelanja, pelanggan yang tidak mempunyai debit atau kartu kredit dapat membayar barang yang diinginkan di 200 outlet JNE di seluruh Indonesia.

“JNE 8 tahun terakhir menjadi salah satu mitra terdepan kami dalam urusan pengiriman barang dari merchant terhadap konsumen. Melihat gerai JNE di mana saja bisa menjadi potensi bagaimana JNE bisa menjadi mesin ATM setiap masyarat Indonesia yang tidak memiliki akun bank,” lanjut William.

William pun bersemangat kerja sama ini akan menjadi titik awal mewujudkan misi meningkatkan ekonomi secara digital. “Misi tersebut tidak bisa dilakukan sendirian karena seperti membangun kota, harus dilakukan bersama stake holder yang lain,” sambungnya

Sementara itu Presiden Direktur JNE, M. Feriadi menyambut hangat kerja sama ini. Dia optimis dengan metode pembayaran ini akan membuat perekonomian digital makin berkembang.

“JNE menambah 1 fitur lagi untuk semua transaksi pembelian. Pelanggan yang berbelanja di Tokopedia itu akan mendapatkan kemudahan pembayaran bisa dilakukan melalui perwakilan JNE yang sekarang ada di 200 lokasi. Ini kami lakukan agar e-commerce tumbuh dan berkembang, serta tentunya ingin memberikan kemudahan masyarakat dalam bertransaksi,” terang Feriadi.

Hadirnya inovasi metode pembayaran melalui fitur JNE ini diharapkan dapat membawa angin segar bagi dunia e-commerce di Indonesia. “Diharapkan kerja samanya ini bisa ditingkatkan dan ini untuk kebaikan ekonomi masyarakat Indonesia. Diharapkan ekonomi Indonesia semakin bergairah.” sambungnya.

Selain inovasi metode pembayaran bersama Tokopedia, JNE juga tengah meningkatkan terus proses pengiriman barang di tengah maraknya e-commerce.

“Di tahun 2017 kita telah mempersiapkan infrastruktur dan automasi sehingga ke depan itu kan dilakukan lebih smooth tidak ada lagi sifatnya manual tapi semua dengan mesin dan sistem,” lanjut dia

Bagi Anda yang ingin menjajal fitur ini, Anda bisa memilih fitur JNE saat memilih metode pembayaran di Tokopedia. Lalu pilih outlet JNE terdekat dengan Anda.

Setelah fitur tersebut ditandai maka akan keluar kode unik. Anda bisa mencatat kode ini atau capture kode ini di HP Anda. Setelah itu berikan kode unik ini di konter JNE dan membayar sesuai dengan tagihan. Barang pun akan segera sampai ke tangan Anda.

Ada penawaran menarik bagi Anda pelanggan setia JNE dan Tokopedia. Selama periode 17-31 Oktober 2017, 50 ribu transaksi yang melakukan pembayaran di konter JNE akan dibebaskan dari biaya administrasi.

Anda juga bisa mendapatkan berbagai merchandise JNE di Tokopedia dengan masuk ke dalam Toko JNE. Tersedia berbagai barang menarik, seperti kaos, USB, notes, e-toll card yang bergambar Joni sampai gantungan kunci.(Sumber: Detiknews.com)

 

Tinggalkan Balasan