Inilah 5 Kebiasaan yang Mempercepat Penuaan

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan terkadang tanpa disadari memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Pola hidup tidak sehat lama-kelamaan menjadi kebiasaan yang dapat membuat Anda menua lebih cepat daripada seharusnya.

Berikut adalah 5 kebiasaan yang dapat mempercepat penuaan:

1. Makan makanan manis.
Mengkonsumsi makanan atau minuman dengan gula tambahan tidak baik bagi tubuh. Dikutip dari Eat This, studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi dapat mengikat asam amino. Hal itu menyebabkan kerusakan pada sel dan organ tubuh.

2. Kurang tidur.
Hobi begadang atau waktu tidur yang sangat sedikit berdampak buruk bagi otak dan kulit. Sebuah studi menunjukkan, perempuan yang tidur nyenyak memiliki skin barrier 30 persen lebih baik dibandingkan yang kurang tidur. Kurang tidur juga dapat mengganggu kestabilan hormon di dalam tubuh. Organ-organ tubuh pun rusak sehingga proses penuaan menjadi lebih cepat.

3. Merokok.
Sudah kita ketahui bersama bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan perokok pasif. Mereka menghirup asap rokok yang dapat menyebabkan gangguan pembuluh darah dan mencegah oksigen masuk ke dalam tubuh. Jika kondisi ini terus terjadi akan dapat memicu peradangan. Rokok juga mengandung racun yang merusak kulit, jaringan, dan organ di dalam tubuh.

4. Terpapar sinar matahari.
Kebiasaan yang mempercepat penuaan berikutnya adalah terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV-A dan UV-B dapat merusak pigmen kulit dan memicu penyakit kanker. Tanda-tanda penuaan dini pun akan muncul akibat dari kulit yang rusak.

5. Stres.
Stres yang berlebihan menyebabkan pertumbuhan hormon yang mampu merusak tubuh. Hormon stres mengakibatkan peradangan yang dapat menyebabkan kerusakan organ dan memicu timbulnya penyakit. Kelola stres Anda dengan baik.

Mulai sekarang ganti kebiasaan Anda dengan pola hidup sehat agar selalu awet muda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan