Ini Dia Cara Menggunakan Asisten Google Berbahasa Indonesia

KabarBerita.id — Google meluncurkan Asisten Google dalam Bahasa Indonesia di smartphone yang menggunakan Android 5.0+ (Lollipop ke atas) serta tersedia di iPhone (iOS 9.1 ke atas).

“Asisten Google dalam Bahasa Indonesia pertama kali diluncurkan di Allo pada bulan Agustus 2017 lalu. Kini, dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia,” ujar Veronica Utami, kepala pemasaran Google Indonesia, dalam keterangan tertulis perusahaan, Senin.

“Kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas para pengguna, mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps dan lain-lain,” sambung dia.

Untuk mengakses Asisten Google dalam Bahasa Indonesia, setel bahasa pada perangkat Anda ke Bahasa Indonesia dan perbarui aplikasi Google Penelusuran ke versi terbaru.

Dengan Asisten Google, pengguna bisa berbicara dengan Google untuk membantu melakukan banyak hal seperti mengirim SMS, menyetel pengingat, meminta petunjuk arah, menyetel alarm untuk esok hari dan masih banyak lagi.

Untuk menggunakannya, cukup tekan dan tahan tombol Home atau ucapkan “Ok Google” di smartphone yang mendukung fitur ini.

Asisten Google dapat membantu mulai dari mencari resep nasi goreng, sampai membantu menerjemahkan kalimat ke Bahasa Jawa atau menghibur kita dengan cerita lucu.

Untuk mengetahui perintah apa saja yang saat ini bisa dilakukan, cukup tanyakan “Apa yang bisa kamu lakukan?”

Pengguna juga bisa menanyakan beberapa pertanyaan dan menyampaikan perintah ke Asisten Google seperti “Sebutkan Pancasila,” “Pasang alarm jam 6 pagi,” “Kasih lelucon,” “Cari restoran Indonesia dekat sini”, “Ingetin aku beli jeruk nanti jam 6 sore” dan “Bagaimana suara harimau?”

Agar Asisten Google lebih bermanfaat bagi pengguna di Indonesia, para pengembang dan perusahaan sekarang bisa membuat aplikasi melalui platform developer Actions on Google.

Beberapa aplikasi sudah dibuat untuk Asisten Google dan untuk mengakses layanan tersebut pengguna hanya perlu mengucapkan “Ok Google, bicara dengan (nama aplikasi)”. Aplikasi tersebut antara lain Al-Qolam, Joox, KASKUS, Klikdokter, Mobile Legends, dan Tebak Gambar VIRA dari Bank BCA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here