Ini Alasan Mengapa Anak Masuk Sekolah Lebih Baik Jam 8-9 Pagi

Jakarta, KabarBerita.id –Anak SMA dan sederajat di Nusa Tenggara Timur harus berangkat ke sekolah lebih pagi yakni pukul 05.00 WITA. Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat mengeluarkan aturan baru yakni masuk sekolah pukul 05.00 WITA. Hal ini kemudian menimbulkan kontroversi karena dianggap terlalu pagi.

Lalu pukul berapa idealnya anak masuk sekolah?

Rizza Utami Purbasari, seorang psikolog pendidikan mengatakan jam masuk pagi untuk anak sekolah idealnya pada pukul 08.00 hingga 09.00 waktu setempat.

Alasannya karena sekolah terlalu pagi berarti anak akan bangun lebih pagi. Bisa jadi kebutuhan tidur anak terganggu karena pada malam hari masih banyak aktivitas yang harus dilakukan.

Mestinya pihak sekolah tidak hanya memperhatikan termasuk tapi juga berapa lama waktu yang dibutuhkan anak untuk berangkat serta mempersiapkan diri ke sekolah.

Rizza mengatakan, kebutuhan tidur anak harus terpenuhi dan apabila terlalu pagi dapat mempengaruhi kesehatan anak.

Sebelum berangkat sekolah anak tentunya harus mandi, dan mereka akan mandi terlalu pagi apabila masuk sekolah jam 05.00 pagi.

Sementara saat anak sekolah masuk pukul 08.00 atau 09.00 pagi, dia tak akan terburu-buru mempersiapkan diri. Jam mandinya pun tentu normal.

Selain itu tidurnya juga dipastikan cukup. Sebab anak bisa saja tidur jam 22.00 dan bangun di jam 05.00 atau 06.00 pagi.

Tentu perkembangan otak tidak akan terganggu apabila anak memiliki jam tidur yang cukup. Ketika anak kurang tidur maka motorik, memori serta perkembangan otaknya juga akan terganggu.

Tinggalkan Balasan