Ini Alasan Identitas Anak Thailand yang Diselamatkan Dirahasiakan

Bangkok, KabarBerita.id — Delapan anak telah berhasil dikeluarkan dari dalam gua Thailand pada misi penyelamatan yang berbahaya sejak Minggu. Masih ada empat anak dan seorang pelatih mereka yang masih terjebak dalam gua, akan diselamatkan dalam waktu dekat.

Empat anak pertama berhasil dikeluarkan dari gua Tham Luang di Chiang Rai itu pada Minggu (8/7), empat lainnya diselamatkan sehari kemudian, Senin (9/7). Upaya penyelamatan anggota tim sepakbola “Babi Liar” ini dihentikan sementara untuk tim penyelamat mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan, termasuk meletakkan tangki-tangki oksigen baru di jalur penyelaman.

Delapan anak yang berhasil diselamatkan dilaporkan dalam keadaan sehat dan telah dilarikan ke rumah sakit. Namun yang masih menjadi pertanyaan saat ini adalah identitas anak-anak yang telah berhasil keluar.

Diberitakan Reuters, aparat sampai saat ini tidak mengungkapkan identitas mereka, termasuk kepada para orangtua sekalipun. Orangtua juga dilarang untuk mengunjungi anak-anak itu di rumah sakit.

Mengapa identitas anak-anak itu dirahasiakan?

Narongsak Osottanakorn, kepala tim penyelamat mengatakan identitas mereka yang selamat belum diungkapkan demi menjaga perasaan orangtua yang anak-anaknya masih terjebak di gua.

Para orang tua ke-12 anak-anak itu juga tidak memprotes keputusan Narongsak tersebut. Mereka semua berjanji tidak akan beranjak dari kamp penyelamat di mulut gua hingga semuanya berhasil diselamatkan.

Saat ini anak-anak yang telah dikeluarkan masih menjalani isolasi di rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan mereka. Tim medis juga akan memastikan anak-anak itu tidak terjangkit penyakit menular.

“Kami tidak diberitahu anak mana yang telah dikeluarkan. Kami tidak bisa mengunjungi anak-anak kami di rumah sakit karena mereka harus dipantau selama 48 jam. Saya berharap berita baik,” kata Somboon Sompiangjai, 38, ayah salah satu anak tersebut.

Tinggalkan Balasan