Ingin Tingkatkan Daya Ingat, Berikut Tips Alaminya

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Daya ingat akan berkurang seiring bertambahnya usia. Daya ingat dipengarui juga oleh faktor genetik. Menurut penelitian, daya ingat manusia ternyata juga dioengaruhi oleh Pola makan dan gaya hidup.

Seperti dikutip dari Health Line, berikut tips untuk meningkatkan daya ingat,

1. Kurangi Asupan Gula

Hindari konsumsi gula karena gula karena selain menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, daya ingat dan volume otak juga bisa berkurang karena gula.

2. Konsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan memgandung banyak asam lemak omega-3, seperti asam docosahexanoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) yang berfungsi penting dalam kesehatan dan fungsi otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat.

3. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan harus dijaga agar tetap ideal karena berpengaruh terhadap daya ingat. Obesitas atau berat badan berlebih memiliki efek negatif dalam gen memori di otak.

Obesitas juga berdampak buruk karena memiliki resiko lebih tinggi terserang Alzheimer yang menghancurkan fungsi kognitif dan memori otak.

4. Perhatikan Kualitas Tidur

Tidur berperan penting dalam daya ingat otak. Waktu tidur dapat membantu orang meingkatkan kinerja otak dari tugas-tigas dan memori.

5. Pilih Makanan Mengandung Antioksidan

Daya ingat otak akan meningkat dengan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti sayuran dan teh hijau.

6. Lakukan Meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat salah satunya meningkatkan daya ingat karena meditasi meningkatkan materi sel abu-abu otak yang mengandung badan sel Neuron.

Sel abu-abu akan menurun seiring bertambahnya usia yang mengakibatkan daya ingat menurun.

Meditasi dapat meningkatkan ingatan jangka pendek usia 20-an sampai lansia.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan