Ingin Sehatkan Otak, Berikut 5 Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan

Jakarta, KabarBerita.id — Olahraga pada umumnya dapat meningkatkan kesehatan fisik, namun pada sejumlah olahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan otak agar otak bisa optimal dan sehat.

Otak merupakan sistem syaraf pusat yang memiliki kendali pada tubuh sehingga bisa berfikir, mangingat, berjalan, bernafas dan sebagainya. Otak juga bertugas mengirim sinyal agar tubuh bekerja dengan baik.

Penelitian menunjukan beberapa olahraga dapat menjaga otak sehat dan berfugsi optimal, berikut diantaranya :

1. Lari

Pada penelitian tahun 2016 mengungkapkan lari dapat meningkatkan kesehatan otak karena berkaitan dengan pertumbuhan sel baru di otak bagian hipokampus yang membantu menjaga ingatan. Regenerasi sel ini baik untuk kesehatan otak kita.

2. Bersepeda

Bersepeda baik untuk kesehatan otak karena meningkatkan aliran darah ke otak sehingga mengoptimalkan pertumbuhan otak. Bersepeda juga membuat otak lebih tenang.

3. Berenang

Banyak manfaat dari berenang seperti meningkatkan kinerja paru-paru dan jantung sehingga oksigen dan darah dapat mengalir dengan baik ke otak. Berenang juga mengaktifkan saraf halus diseluruh tubuh yang membantu meningkatkan kinerja otak.

4. Yoga

Penelitian Harvard mengungkapkn bahwa yoga dan taichi baik untuk tubuh dan pikiran terlebih akan meningkatkan fungsi kognitif jika dilkukan secara rutin.

Yoga membuat orang menjadi lebih tenang dan fokus sehingga otak bekerja dengan optimal.

5. Menari

Menari atau bisa juga dengan dansa, Zumba, dan salsa dapat melatih koordinasi dan meningkatkn fungsi kardiovaskuler sehingga mengoptimalkan fungsi otak.

Pada orang dewasa latihan diatas dapat dilakukan dengan intensits ringan-sedang dengan waktu minimal 30 menit setiap hari, lima kali dalam seminggu.

Tinggalkan Balasan