Ingin Diet, Berikut 7 Pilihan Pengganti Gula

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Konsumsi gula yang berlebih akan menyebabkan maslah kesehatan seperti diabetes, obesitas, kanker, sampai jantung koroner. Sehingga biasanya penggunaan gula akan dihindari dalam program diet.

Konsumsi gula berlebih akan berdampak tidak baik bagi tubuh karena dalam setiap gram gula mengandung 4 kalori. Gula akan dicerna dalam tubuh menjadi glukosa dan diubah menjadi energi.

Sebenarnya gula dapat dikonsumsi dengan aman asalkan tidak berlebih. Asupan gula harian disarankan Kementrian Kesehatan sebatas 50 gram atau 5 sendok teh.

Untuk menghindari lonjakan insulin sebaiknya mengganti gula dengan bahan-bahan alami lain sebagai pemanis. Seperti dikutip Healthline, berikut diantaranya.

1. Stevia

Salah satu pemanis pengganti gula untuk diet adalah Old wooden table with Stevia Granules. Stevia berasal dari ektraks tanaman Stevia Rebaudiana dengan kandungan rasa manis dari steviol glycosides didalamnya.

Stevia baik untuk dikonsimsi lantaran kandungan nol kalori dan rasa manisnya 350 kali dari gula. Namun tetap konsumsinya tidak boleh berlebihan.

2. Xylitol

Xylitol mengandung kalori 40 persen lebih sedikit daripada gula biasa dan bahan ini diekstraksi dari jagung atau kayu birch dan sering ditemukan di beberapa jenis buah serta sayur.

Konsumsi Xylitol tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah, karena fruktosa di dalamnya sangat minim.

3. Buah biksu

Buah biksu atau dikenal juga Lo Han Kuo mempunyai rasa manis alami dari antioksidan yang disebut mogrosida.

Buah biksu mengandung nol kalori dan 100-250 kali lebih manis dari gula biasa sehingga konsumsinya tidak akan meningkatkan gula darah. Buah biksu biasanya ditemukan di kawasan Asia Tenggara.

4. Madu

Salah satu pemanis pengganti gula untuk diet adalah madu murni. Hal tersebut lantaran banyak manfaat dari madu untik kesehatan seperti kandungan asam fenolik dan flavonoid yang bisa menjadi antioksidan untuk mencegah diabetes, peradangan, sakit jantung, serta kanker.

5. Sirup maple

Sirup maple memiliki nutrisi lebih baik dari gula biasa. Hal itu karena sirup maple memuat kalsium, kalium, mangan, zinc, dan zat besi.

Bahan yang terbuat dari getah pohon maple yang direbus sampai kental ini memiliki antioksidan lebih banyak dari madu dan memiliki oligosakarida sejenis karbohidrat yang bisa menurunkan konsentrasi glukosa plasma.

6. Gula kelapa

Rasanya akan manis alami karena Gula kelapa murni hanya berbahan dasar nira dari pohon kelapa . Kandungan dari gula kelapa murni adalah nutrisi penting bagi tubuh seperti zat besi, zinc, kalsium, kalium, dan senyawa antioksidan.

Gula kelapa murni juga memiliki indeks glikemiknya lebih rendah dibanding gula pasir.

7. Kurma

Kurma memiliki rasa manis alami dan berasal dari tanaman palma. Buah ini memiliki serat tinggi pada kurma mampu memberi efek mengenyangkan.

Konsumsi kurma tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba karena indeks glikemik kurma sangat rendah.

Jika bahan-bahan alami diatas anda konsumsi untuk menghantikan gula maka Anda tidak perlu takut gemuk. Tapi, pastikan tidak menggunakannya secara berlebih.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan