Ingin Atasi Eksim, Begini Saran Dokter Kulit

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Semua orang tentunya ingin memiliki kulit yang bagus dan mulus, namun tidak semua orang memilikinya. Alasannya karena banyak penyakit kulit yang bisa timbul dan eksim adalah salah satunya.

Penderita eksim akan menderita gatal, kulit merah kering, kasar dan pecah-pecah. Faktor penyebabnya dapat berupa keturunan maupun lingkungan. Yang jelas kita tidak perlu khawatir karena penyakit ini tidak menular.

Dr Jnnerke Jane Hidajat mengatakan Eksim adalah barrier kulit tidak utuh. Ibaratnya jika dalam peperangan dalam benteng ada yang bolong maka seperti itulah kulit jika terkena eksim. Akan terlihat bolong.

Dijelaskannya pelindung kulit yang tidak kuat menjadi penyebab bakteri bersarang. Sehingga cara yang pertama adalah dengan menambal dan melindungi kulit dengan pelembab.

Pakailah pelembab yang mild dan aman. Pelembab ceramides adalah salah satu yang sesuai dengan kulit eksim.

Ia mengatakan penderita eksim kekurangan kandungan ceramides. Namun perlu berhati-hati pelembab dengan kandungan pewangi dan pengawet tidak di sarankan bagi penderita eksim karena akan berdampak buruk. Jika kulit sudah terkena eksim maka biasanya dokter akan menyarankan penggunaan obat dengan kandungan steroid dan penggunaannyapun harus dibawah pengawasan dokter.

Hal itu dijelaskan Dokter Inneke karena penggunaan steroid tidak boleh sembarangan lantaran akan menjadi kulit kisut, atrofi atau kerusakan jaringan, kulit tipis dan strect mark jika penggunaanya terlalu panjang.

“Eksim itu kan sebenarnya disebabkan reaksi inflamasi berlebih. Sehingga meredakan reaksi inflamasi otomatis sistem pertahanan kulit akan menurun dan menyebabkan infeksi, lama-lama tidak akan respon lagi dengan steroid,” katanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan