Inggris Akhiri Kutukan Jago Kandang Usai Lolos ke Final Euro 2024

Jakarta, KabarBerita.id -– Tim nasional Inggris berhasil mengakhiri stigma sebagai tim yang hanya unggul saat bermain di kandang setelah lolos ke final Euro 2024. Harry Kane dan rekan-rekan meraih pencapaian ini usai mengalahkan Belanda di semifinal, Kamis (11/7) dini hari WIB. Inggris yang awalnya tertinggal berhasil bangkit dan menang 2-1 atas De Oranje di Signal Iduna Park, Dortmund.

Prestasi ini menjadi pencapaian tertinggi Inggris di turnamen besar tanpa status tuan rumah. Dalam beberapa ajang, baik Euro maupun Piala Dunia, prestasi terbaik Inggris sebelumnya adalah finis di peringkat empat pada Piala Dunia 2018.

Sebelumnya, pencapaian gemilang Inggris umumnya terjadi saat bermain di kandang sendiri. Inggris memenangkan Piala Dunia untuk pertama kalinya pada tahun 1966. The Three Lions yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri mengalahkan Jerman dengan skor 4-2 melalui babak perpanjangan waktu.

Di Euro 1996, Inggris juga berhasil melangkah jauh ketika menjadi tuan rumah. Tim yang dipimpin Paul Gascoigne mencapai babak semifinal sebelum akhirnya kalah dari Jerman dalam laga adu penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Prestasi mengesankan lainnya diraih Inggris di Euro 2020, meskipun mereka tidak menjadi satu-satunya tuan rumah karena turnamen tersebut diselenggarakan di 11 negara. Inggris mencapai final namun kalah dari Italia melalui adu penalti dengan skor 2-3.

Kini, dengan lolos ke final Euro 2024, Inggris telah membuktikan bahwa mereka mampu bersaing dan mencapai puncak meski bermain di luar kandang.

Tinggalkan Balasan