Berita  

Indra Uno Dorong Wirausaha Generasi Muda Bangun Jateng

Indra Uno.
Indra Uno.

SEMARANG, Kabarberita.id – Ketua Yayasan Mien R Uno Dr Indra Uno bersama Ketua Umum Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO) Faransyah Jaya berbagi inspirasi sukses bisnis kepada 500 wirausahawan dan calon wirausahawan muda pada Workshop kewirausahaan dengan tema “Ayo Obah” pada Rabu (21/2/2018) di Rama Hall Hotel UTC Kota Semarang, Jawa Tengah.

Indra yang juga kakak Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Shalahudin Uno ini mendorong generasi muda Jawa Tengah memiliki jiwa wirausaha agar mampu berdaya dan mandiri.

Hal itu, menurut Indra dikarenakan angka pengangguran  bertambah dengan adanya pertumbuhan penduduk serta jumlah lulusan semakin banyak setiap tahun sedangkan angkatan kerja yang belum mendapatkan kerja juga bertambah.

Menurut Indra, menjadi wirausahawan merupakan peluang besar bagi generasi muda dalam era digital serta keterbukaan informasi dimana anak muda bisa cepat menyebarkan produk serta menggali informasi tanpa batas ruang dan waktu.

Lebih lanjut, Indra mengajak anak muda Jateng merubah mindset (pola fikir) menciptakan lapangan kerja bukan mencari lapangan kerja dan Jateng memiliki berbagai potensi diantaranya pariwisata, sumberdaya alam, hasil bumi yang perlu pengolahan serta promosi.

“Jangan sampai melamar kerja dimana-mana setelah ditolak baru berfikiran menjadi pengusaha,” kata pria yang merupakan lulusan Master of Business Administration dari University of Southern California ini.

Sebagai pengusaha sukses Indra Uno berbagi pengalaman terkait dunia usaha, dan setidaknya ada tiga kunci yang menjadi kunci sukses Indra. “Kuncinya kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas,”pungkasnya.

Sementara, Ketua Umum Perkumpulan Gerakan OKOCE (PGO) Faransyah Jaya menyebut saat ini Program OK OCE singkatan dari One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship kini menjadi tren baru di Jakarta. Dia berharap gerakan ini bisa menjadi tren di Jateng dan Indonesia.

Dia menceritakan bahwa sejak dikampanyekan menjadi program pasangan gubernur DKI Jakarta Anies-Sandi, OK OCE mampu menarik minat masyarakat.“Program OK OCE ini ditujukan untuk mengubah dan memihak kepada pengusaha kelas bawah, UMKM, dan pengusaha baru,”katanya.

Secara terpisah, salah satu peserta Workshop Kewirausahaan OK OCE Ayo Obah, Alfa Bayu Sanjaya mengapresiasi digelarnya acara tersebut. Menurutnya, workshop tersebut akan membuka wawasan tentang kondisi perekonomian Indonesia saat ini sekaligus menunjukan potensi wirausaha yang bisa digarap untuk ikut membangun perekonomian.

“Disisi lain, acara ini bisa membuat pengusaha dan calon pengusaha bersemangat untuk mengembangkan ide-ide berwirausaha. Bukan saja untuk mensejahterakan diri sendiri, tapi juga ikut membangun perekonomian negara,”kata pemilik usaha Alat-alat Camping dan Outdoor di Kota Semarang ini.

Agenda workshop kewirausahaan ini sendiri diselenggarakan oleh Relawan Merah Putih Calon Gubernur nomor urut 2 Jateng Sudirman Said-Ida Fauziyah. Sebanyak 500 peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi dan usaha di Jateng turut menyemarakkan acara ini.

Tinggalkan Balasan