Indonesia Tak Diajak, FAM Pilih Vietnam dan Thailand di Piala Merdeka

Jakarta, KabarBerita.id — Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengajak Vietnam dan Thailand sebagai dua tim di kawasan Asia Tenggara untuk turnamen mini Piala Merdeka atau Merdeka Cup 2023 yang akan digelar September mendatang.

Dikutip dari Siamsport, FAM ingin menghidupkan kembali Piala Merdeka pada tahun ini setelah vakum selama 10 tahun. Kali terakhir Piala Merdeka digelar pada 2013 silam.

Pada turnamen yang rencananya dilangsungkan pada September 2023 dalam kalender FIFA Matchday, FAM ingin mengundang tiga tim lain.

Satu tim Asia Barat, antara Suriah dan Palestina serta dua tim ASEAN. Suriah kini di peringkat ke-90 ranking FIFA sedangkan Palestina di posisi ke-93.

Sebagai tambahan Malaysia memilih dua tim ASEAN yakni Vietnam dan Thailand yang saat ini memiliki peringkat lebih baik dalam ranking FIFA dibanding Malaysia.

“Piala Merdeka terakhir diadakan pada tahun 2013 dan tiga tim ingin berpartisipasi. Tiga tim yang terlibat akan dibahas pada rapat dewan kompetisi minggu depan. Palestina atau Suriah serta dua tim regional ASEAN seperti Vietnam dan Thailand, akan menjadi pilihan,” kata Ketua Komite Kompetisi FAM Firdaus Mohamed.

FAM memiliki alasan dalam mengundang tim peserta ke Piala Merdeka 2023. Salah satu alasan utamanya adalah tim yang diundang punya peringkat lebih baik ketimbang Malaysia yang kini di posisi ke-145.

“Selain mencari tim dengan ranking lebih tinggi, kami juga ingin menjadikan turnamen sepak bola ini sebagai persiapan terbaik bagi para pemain Malaysia di bawah Kim Pang Gon untuk menjalani tes menjelang Piala Asia 2023 di Qatar pada bulan Januari 2024,” tutur Firdaus.

“Secara pribadi menurut saya dua tim ASEAN, Vietnam dan Thailand, benar-benar memiliki kualitas dan standar bermain di level Piala Asia,” ucap Firdaus menambahkan.

Dengan menargetkan tim-tim peserta yang memiliki peringkat lebih baik dari Malaysia, Timnas Indonesia tidak mendapatkan undangan ke Piala Merdeka 2023.

Skuad Garuda sendiri saat ini di peringkat ke-151 dalam ranking FIFA, atau enam peringkat di bawah Harimau Malaya.

Tinggalkan Balasan