Indonesia Kalahkan Vietnam 2-0 di Semifinal SEA Games

Jakarta, KabarBerita.id — Jelang duel di semifinal SEA Games 2023, Timnas Indonesia memiliki momen menghajar Vietnam 2-0 pada ajang yang sama.

Timnas Indonesia U-22 akan melawan Vietnam dalam semifinal SEA Games 2023 di Stadion Olimpiade, Sabtu (13/5) sore.

Pertandingan nanti akan jadi duel ketiga di semifinal SEA Games bagi kedua tim. Sebelum ini, Indonesia dan Vietnam sama-sama bertemu di semifinal SEA Games 1999 dan 2011.

Pada semifinal SEA Games 1999 di Stadion Hassanal Bolkiah Brunei Darussalam, Indonesia kalah 0-1 lewat gol Nguyen Hong Son (70′).

Indonesia membalas kekalahan tersebut 12 tahun kemudian. Pada semifinal SEA Games 2011, Indonesia menang 2-0 atas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Timnas Indonesia yang ketika itu dilatih Rahmad Darmawan menang berkat gol Patrich Wanggai pada menit ke-61 dan Titus Bonai pada menit ke-89.

Dalam pertandingan itu tuan rumah Indonesia menunjukkan dominasinya atas Vietnam. Serangan Garuda Muda lewat Egi Melgiansyah, Titus Bonai, hingga Patrich Wanggai terus mengancam gawang Vietnam.

Dua pemain sayap Andik Vermansah dan Okto Maniani juga ikut merepotkan pertahanan tim tamu. Meski demikian Indonesia tetap kesulitan membobol Vietnam yang bertahan dengan apik.

Gol dari Indonesia baru tercipta pada menit ke-61 melalui tendangan bebas kaki kiri Patrich Wanggai. Dari sisi kanan Wanggai dengan cerdik melepaskan tendangan bebas mendatar ke tiang dekat. Tendangan yang sedikit membentur kaki pagar Vietnam itu mengecoh kiper Tran Buu Ngoc.

Indonesia mengunci kemenangan jadi 2-0 melalui gol Titur Bonai pada menit ke-89. Tendangan kaki kiri Tibo dari garis kotak penalti membentur pemain belakang Vietnam.

Benturan itu mengubah arah bola yang semula melambung lalu masuk ke gawang Tran Buu Ngoc. Kemenangan itu meloloskan Indonesia ke final SEA Games 2011 melawan Malaysia.

Akan tetapi pada laga puncak Indonesia tetap gagal meraih medali emas usai kalah 3-4 dari Malaysia melalui adu penalti.

Tinggalkan Balasan