Ibu Negara AS Jalani Operasi Pengangkatan Sel Kanker

Jakarta, KabarBerita.id — Ibu Negara Amerika Serikat Jill Biden menjalani operasi pengangkatan sel kanker pada rabu (11/1).

Gedung Putih menyebutkan operasi tersebut berjalan lancar dan dokter berhasil mengangkat dua pertumbuhan sel kanker di tubuh Jill.

Jill Biden ditemani oleh Presiden Joe Biden, terbang pagi-pagi dengan Helikopter Kepresidenan ke Pusat Medis Nasional Walter Reed di pinggiran Washington untuk prosedur rawat jalan, yang dikenal sebagai Operasi Mohs.

Dokter Gedung Putih Kevin O’Connor mengatakan Jill Biden dalam kondisi sehat dan bersemangat meski mengalami wajah bengkak dan memar pascaoperasi.

“Jill akan kembali ke Gedung Putih hari ini,” tulis O’Connor seperti dikutip AFP, Kamis (12/1).

Dokter awalnya menjadwalkan operasi kecil untuk menghilangkan lesi di dekat mata kanannya untuk menentukan apakah itu kanker.

“Prosedur ini menegaskan bahwa lesi kecil itu adalah karsinoma sel basal. Semua jaringan kanker berhasil diangkat dan tepinya bersih dari sisa sel kanker kulit,” katanya.

“Kami akan memantau area tersebut dengan cermat saat sembuh, tetapi tidak mengantisipasi diperlukannya prosedur lagi,” tambahnya.

Dokter juga menemukan lesi lain di sisi kiri dada Jill Biden. Lesi tersebut ternyata kanker dan telah diangkat dengan prosedur yang sama.

“Mereka juga menemukan lesi kecil lain di kelopak mata kirinya, telah diangkat seluruhnya dan potongannya dikirim untuk pemeriksaan mikroskopis standar,” ungkapnya.

O’Connor mencatat bahwa lesi karsinoma sel basal “tidak cenderung menyebar atau bermetastasis, seperti beberapa kanker kulit yang lebih serius.”

Prosedur Mohs dilakukan dengan bius lokal dan dianggap sangat efektif, jika dilakukan cukup dini, untuk membasmi formasi kanker kulit.

“Prosedur Ibu Negara berjalan dengan baik,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre.

Saat ditanya apa yang dilakukan Joe Biden saat berada di Rumah Sakit menemani istrinya, Jean-Pierre berkata, “hari ini adalah tentang istrinya. Itulah fokus presiden saat ini.”

“Ini tentang istri Presiden yang telah hidup bersamanya selama 45 tahun,” katanya.

Jill Biden (71) merupakan ibu negara tertua dalam sejarah AS, sedangkan suaminya yang berusia 80 tahun adalah Presiden Amerika tertua.

Joe Biden memiliki kenangan pahit dengan kanker di mana putranya Beau meninggal pada tahun 2015 karena kanker otak.

Joe Biden telah menjadikan pengurangan tingkat kematian akibat penyakit itu sebagai “prioritas presiden.”

Tinggalkan Balasan