HUT ke-77 RI Dimeriahkan dengan Pameran UMKM Kabupaten Magelang

Magelang, KabarBerita.id — Lebih dari 109ribu pertumbuhan UMKM di Kabupaten Magelang saat ini sedang menuju ke trend positif, setelah lebih dari dua tahun lalu mengalami keterpurukan akibat adanya pandemi Covid-19 yang melanda.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Magelang, Siti Juwariyah Adi Waryanto ketika membuka Pameran UMKM Tingkat Kabupaten Magelang dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI di Lapangan drh Soepardi Mungkid.

Menurutnya trend positif tersebut tidak lepas dari beberapa unsur elemen terutama kebijakan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Magelang, selaras dengan Pemerintah Pusat dalam pemberdayaan Usaha Mikro, yang dipandang dapat memberikan perlindungan dan manfaat bagi pelaku industri kecil.

UMKM di samping memiliki peran dan kedudukan yang strategis sebagai kegiatan usaha, sekaligus juga mampu memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, juga mampu berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan.

Ia berharap melalui kegiatan pameran UMKM ini dapat tercipta konektivitas antara market, produsen dan pelaku UMKM dalam mengembangkan atau meningkatkan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau, bisa memberikan pelayanan prima dan mendesain penataan produk yang menarik.

Sehingga nantinya produk-produk yang dijual akan dapat mempunyai pasar tersendiri dan secara signifikan bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pelaku UMKM,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang, Basirul Hakim menyampaikan, kegiatan ini bertujuan memberikan semangat kepada para pelaku UMKM untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19, sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’

Tinggalkan Balasan