Huawei Diblacklist, Facebook Tangguhkan Kerjasama

Ilustrasi Facebook(Ist)

San Fransisco, KabarBerita.id — Facebook Inc berencana tidak lagi mengizinkan instalasi aplikasi pada ponsel Huawei. Hal ini merupakan pukulan terbaru bagi raksasa teknologi Cina tersebut untuk mempertahankan bisnisnya dalam menghadapi larangan AS atas pembelian suku cadang dan perangkat lunak Amerika.

Pelanggan yang sudah memiliki ponsel Huawei masih akan dapat menggunakan aplikasi dan menerima pembaruan, kata Facebook dilansir di Reuters, Jumat (7/6). Tetapi ponsel Huawei baru tidak lagi dapat memiliki aplikasi Facebook, WhatsApp, dan Instagram yang sudah diinstal sebelumnya.

Vendor ponsel cerdas sering kali memasukkan penawaran bisnis untuk melakukan pra-instal aplikasi populer seperti Facebook. Aplikasi termasuk Twitter dan Booking.com juga sudah diinstal sebelumnya pada ponsel Huawei di banyak pasar.

Twitter Inc menolak berkomentar dan Booking Holdings tidak menanggapi permintaan. Huawei juga menolak berkomentar.

Langkah Facebook mengurangi prospek penjualan untuk Huawei Technologies Co Ltd, yang bisnis smartphone-nya menjadi penghasil pendapatan terbesar tahun lalu, didukung oleh pertumbuhan yang kuat di Eropa dan Asia.

Google sebelumnya mengatakan bahwa perusahaan tidak akan lagi menyediakan perangkat lunak Android untuk ponsel Huawei setelah penangguhan hukuman 90 hari yang diberikan oleh pemerintah AS berakhir pada bulan Agustus. Tetapi Google Playstore dan semua aplikasi Google masih akan tersedia untuk model ponsel Huawei saat ini termasuk yang belum dikirim atau bahkan dibuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here