Hindari Sakit Punggung, Berikut Tips Posisi Tidur yang Tepat

  • Bagikan

Jakarta, KabarBerita.id — Seringkali kita memilih untuk menghilangkan rasa lelah dengan cara bergegas tidur. Namun tak jarang saat bangun kita malah disambut dengan rasa sakit atau lelah yang makin menjadi seperti merasa sakit di area punggung.

Hal tersebut dimungkinkan karena posisi tidur kita yang salah sehingga menyebabkan punggung makin terasa sakit. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa sekitar 84% orang dewasa akan mengalami sakit punggung apabila posisi tidurnya tidak benar.

Posisi yang kita pilih saat sedang tidur dapat berdampak bagi kenyamanan dan kesehatan tulang belakang. Oleh karena itu sebaiknya kita memanfaatkan waktu tidur untuk membantu tubuh kembali merasa segar dengan mengatur posisi tubuh yang baik.

Melansir dari Bright Side, berikut beberapa posisi tidur yang dapat mengurangi resiko nyeri punggung.

1. Fetal position

Fetal position atau posisi tidur bayi merupakan posisi tidur dengan cara berbaring miring dengan lutut ditekuk ke arah dada.

Dengan tidur dalam posisi ini maka persendian dapat beristirahat dan dan menciptakan banyak ruang Selain itu itu punggung juga akan membebaskan cakram dari tulang belakang.

2. Tengkurap dengan bantal di bawah perut

Bagi kita yang mengalami sakit punggung maka posisi tengkurap patut untuk dicoba karena dapat membantu mengurangi tekanan pada cakram di tulang punggung.

Cara melakukannya ialah dengan posisi tengkurap dengan meletakkan bantal di perut bagian bawah dan panggul.

3. Terlentang dengan bantal dibawah lutut

Posisi terlentang yang merupakan posisi yang paling baik untuk mengurangi ketegangan di titik tekanan punggung. Karena dalam posisi ini ini kita dapat mendistribusikan berat badan ke seluruh tubuh secara merata sekaligus meningkatkan keselarasan tulang belakang serta organ dalam.

Posisi ini dapat diterapkan dengan cara tidur terlentang Dan meletakkan bantal di bawah lutut. Atau bisa juga dengan cara meletakkan gulungan handuk kecil di bawah punggung kita.

4. Posisi miring ke samping

Saat kita memposisikan tidur dengan miring maka sebaiknya kita bergantian antara kanan dan kiri supaya ya tidak membuat terlalu banyak tekanan di salah satu sisi yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan otot.

Supaya lebih terasa nyaman kita bisa menggunakan guling untuk menjaga tulang belakang, panggul, dan pinggul agar tetap sejajar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan