Hepatitis Akut Bisa Sebabkan Amonia Bocor Hingga Racuni Otak

Jakarta, KabarBerita.id — Hepatitis akut pada anak masih harus diwaspadai karena penyakit ini bisa berakibat atau sampai menyebabkan kematian.

Dokter sekaligus ketua unit kerja Gastro Indonesia Muzal Kadin mengatakan, salah satu hal yang harus diwaspadai adalah kejadian hepatitis akut ketika memasuki pasar fulminan.

Hepatitis fulminan merupakan keadaan ketika terjadinya gagal hati pada pasien dan sudah tergolong sangat kronis.

Fase ini menandakan banyaknya sel di hati telah rusak yang mengakibatkan Amonia seharusnya dinetralisir oleh hati namun malah meracuni pasien hingga ke otak.

Amonia sendiri merupakan zat yang diproduksi oleh bakteri di dalam usus. Pada kondisi normal hati akan memecah dan menetralisir Amonia sehingga tidak berbahaya.

Namun penyakit hati seperti hepatitis akut dapat membuat kadar Amonia tidak dapat terpecah dan menjadi lebih banyak.

Turunnya kesadaran ini biasanya terjadi secara bertahap. Pada Fase fulminan pasien biasanya akan Berujung pada kondisi koma. Saat inilah pasien harus segera mendapatkan pertolongan supaya bisa diselamatkan.

Tahap yang dapat dialami pasien ketika mengalami masa fulminan sebelum koma seperti banyak melamun, terlihat lesu, selalu ingin tidur dan sulit bangun apabila sudah tidur.

Tinggalkan Balasan