Hati-hati, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Mandul

Jakarta, KabarBerita.id — Memiliki anak menjadi impian hampir setiap pasangan. Akan tetapi tidak semua pasangan diberikan kemudahan dalam memiliki keturunan apalagi jika pasangan tersebut mengalami kemandulan.

Makan dulu atau kesulitan memiliki keturunan dapat dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan mandul.

Mandul merupakan gangguan kesuburan yang membuat seseorang sulit memiliki anak. Salah satu penyebab nya adalah gaya hidup tidak sehat yang dapat dilihat dari kebiasaan sehari-hari.

Kebiasaan yang dapat membuat seseorang menjadi mandul? Berikut diantaranya dikutip dari berbagai sumber.

1.Stress
Stress dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, depresi dan asma. Namun stress juga dapat mengganggu pembuahan.

Para ahli telah memperingatkan tentang dampak hidup yang sibuk pada libido dan dorongan seks diantara pasangan muda.
Stress bisa menurunkan kualitas sperma dan hal ini bisa berimplikasi pada kesuburan pria. Stres kronis juga bisa mempengaruhi ovulasi pada wanita.

2. tidak menjaga berat badan
Kebiasaan yang menyebabkan mandul adalah tidak menjaga berat badan. Dengan menjaga berat badan tetap ideal sangat penting untuk kesuburan.

3. Merokok
Selain kandungan nikotin rokok juga mengandung logam berat seperti kadmium dan Timbal. Keduanya dapat mempengaruhi kepadatan sperma. Asap rokok juga dapat merusak DNA sperma. Merokok menjadi salah satu kebiasaan penyebab mandul yang cukup umur.

4. Minum alkohol
Minum terlalu banyak alkohol dapat menurunkan kadar hormon steroid. Kebiasaan ini mengakibatkan siklus menstruasi yang tidak normal pada wanita. Produksi sperma juga berpengaruh pada pria peminum berat.

5. Terpapar Polusi
Studi terbaru mengatakan dapat menjadi salah satu penyebab mandul. Polusi udara menyebabkan kualitas sperma yang buruk dan meningkatkan tingkat keguguran.

Tinggalkan Balasan