Hati-Hati Gejala Pendarahan Otak Seperti yang Dialami Artis Indra Bekti

Jakarta, KabarBerita.id — Presenter Indra Bekti pingsan setelah mengisi sebuah acara. Dia juga disebut mengalami pendarahan otak dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Pendarahan otak adalah salah satu penyakit yang umumnya dialami penderita stroke. Kondisi ini terbilang serius dan biasanya bisa berakibat fatal hingga meninggal dunia.

Sangat penting mengetahui gejala pendarahan otak. Mengenali gejalanya membuat penanganan bisa diberikan tepat waktu.

Dilansir laman National Health Security, pada dasarnya, pendarahan otak atau yang dikenal juga dengan istilah pendarahan subarachnoid tak memiliki tanda-tanda khusus.

Namun masalah ini biasanya terjadi saat seseorang melakukan aktivitas fisik yang memicu pendarahan. Misalnya, mengejan, batuk, pergi ke toilet, mengangkat sesuatu yang berat, bahkan berhubungan seks.

Pendarahan otak terjadi karena ada arteri di otak yang pecah. Ketika ini terjadi, sebagaimana dijelaskan dalam WebMD, akan menyebabkan pendarahan lokal di jaringan sekitarnya. Pendarahan ini membunuh sel-sel di otak.

Berikut beberapa gejala awal dari pendarahan otak yang harus diwaspadai yakni sakit kepala parah yang muncul tiba-tiba, kejang tanpa riwayat kejang sebelumnya, kaki dan tangan melemah, mual dan muntah, lesu, lemah, dan kewaspadaan menurun, penglihatan berubah, kesemutan atau mati rasa, kesulitan berbicara atau memahami pembicaraan, sulit menelan, kesulitan menulis atau membaca, kehilangan keterampilan motorik halus, seperti tremor tangan, kehilangan koordinasi, kehilangan keseimbangan, indera perasa yang tidak normal dan penurunan kesadaran.

Apabila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan dan datangi rumah sakit terdekat.

Tinggalkan Balasan