Berita  

Hamas-Israel Sepakati Gencatan Senjata Sementara

Gaza, KabarBerita.id — Gencatan senjata antara kelompok Hamas di Gaza dan Israel yang tercapai atas mediasi Mesir berhasil menghentikan hujan rudal dan serangan udara.

Namun demikian, situasi di kawasan perbatasan masih panas mengingat ribuan warga Gaza berunjuk rasa di dekat pagar pembatas. Dua orang Palestina tewas dalam demonstrasi itu sementara beberapa lainnya terluka.

Warga Israel, yang mengungsi selama dua hari terakhir untuk menghindari tembakan rudal dari arah Gaza, sudah diminta oleh angkatan bersenjata setempat untuk kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

Di Gaza, ribuan orang kembali menggelar unjuk rasa melawan Israel. Asap terlibat membumbung tinggi ke angkasa di sebuah titip perbatasan setelah para demonstran membakar sejumlah ban, yang kemudian langsung dibalas dengan tembakan gas air mata oleh tentara Israel.

Tentara Israel membunuh dua warga Palestina, satu di antaranya adalah petugas medis. Mereka juga melukai sekitar 300 orang lainnya, demikian keterangan petugas kesehatan setempat.

Militer Israel mengatakan bahwa para demonstran melempar bebatuan, bahan peledak, dan bom molotov ke arah tentara dan pagar pembatas. Para tentara “membalas dengan tembakan api, sesuai dengan prosedur operasi standar,” kata juru bicara militer.

Tinggalkan Balasan